GEMPA ACEH, DAPUR UMUM RZ PRODUKSI 3.400 PAKET NASI BUNGKUS SEHARI

gempa-aceh-dapur-umum-rz-produksi-3-400-paket-nasi-bungkus-sehariACEH. Hingga hari ketiga pasca bencana gempa yang terjadi di Aceh, Relawan RZ masih terus melakukan berbagai aksi kebencanaan, dari mulai membantu evakuasi korban, layanan kesehatan hingga membuka dapur umum.

“Dalam sehari, dapur umum RZ telah memproduksi 3.400 paket nasi. Mengingat jumlah pengungsi terus bertambah, kami berencana untuk menaikkan jumlah produksi hingga 5.400 per hari,” jelas Fakhrur Razi, Koordinator Relawan RZ Aceh.

Selain dapur umum, Posko Segar RZ yang menyediakan minuman segar dan makanan ringan juga berhasil melayani 200 relawan dan petugas evakuasi.

“Di hari ketiga masa tanggap darurat, RZ bersama Cita Sehat Foundation membuka layanan kesehatan di 2 titik di Desa Tengkluet, Kecamatan Trienggadeng. Sebanyak 179 warga bisa kita layani hari ini (09/12),” ungkap Razi.

Tak hanya membuka dapur umum, posko segar dan layanan kesehatan, Relawan RZ pun mengadakan acara bermain bersama dengan anak-anak pengungsi. “Banyak anak-anak yang masih terlihat murung, ada yang karena kehilangan keluarganya, ada juga yang merasa trauma. Jadi, kami mencoba membahagiakan anak-anak itu melalui berbagai macam games,” ujar Razi.

Sementara itu, berdasarkan data dari Pusdalops BNPB yang diterima Relawan RZ hingga tadi malam (09/12) pukul 22.00 WIB, berikut data korban dan kerusakan akibat gempa:
– 102 orang meninggal, dimana 93 diantaranya sudah teridentifikasi
– 666 orang terluka
– 43.613 orang mengungsi yang tersebar di 64 titik
– 11.378 rumah, 58 masjid dan 151 sekolah rusak. Ini belum termasuk bangunan lainnya seperti ruko, kantor pemerintah, jembatan dan jalanan.

Newsroom/Ria Arianti
Aceh

Tags :
Konfirmasi Donasi