[:ID]GUNAKAN PEDAL GAS SEPERTI MOBIL, INI KEUNIKAN WASTAFEL TANPA KERAN DI CISOLOK[:]

[:ID]

Layaknya mobil, wastafel unik karya relawan Rumah Zakat ini gunakan pedal gas untuk keluarkan air dan sabun, Minggu (19/4). (Foto: Rumh Zakat)

SUKABUMI, Rumah Zakat – Berbagai upaya terus dilakukan untuk mencegah penularan wabah virus corona/Covid-19. Salah satunya penggunaan wastafel portable yang kini sedang ramai digunakan.

Dikutip dari Mantrasukabumi, ada wastafel unik yang dibuat oleh warga di Kecamatan Cisolok.Jika biasanya, wastafel menggunakan tangan untuk membuka air namun kali ini ada yang berbeda.

Wastafel ini dibuat seperti mengendarai sebuah mobil dimana pengguna harus menginjak pedal gas yang dibuat seperi pedal gas pada mobil.

Supaya air dan sabun keluar, pengguna diharuskan menginjak pedal yang ada di bawah wastafel tersebut.

Ide unik pembuatan wastafel tersebut dicetuskan oleh Relawan Rumah Zakat Desa Cisolok, Nanan. Nanan mengatakan ide tersebut muncul setelah dia diminta membuat wastafel tanpa keran oleh Rumah Zakat Pusat.

“Awalnya dari Rumah Zakat pusat, pak Nurmansyah sebagai Centre of Excellent Dept. Head Rumah Zakat Action kirim pesan ke saya minta buatkan wastafel tanpa kran, saya bilang siap, lalu dibuatkan RAB nya, dana turun, saya buat wastafel tanpa keran ini. Ide menggunakan wastafel untuk mengeluarkan air didalam kran itu juga inisiatif dari pusat,” kata Nanan.

Nanan menambahkan, bahwa cara kerja wastafel tersebut mudah saja dan sama seperti mengendarai sebuah mobil.

“Cara kerjanya cukup injak wastafel dibawah, nanti injektornya akan menarik sendiri sehingga air dan sabun keluar otomatis tanpa harus disentuh tangan,” tambahnya.

Dengan adanya wastafel tanpa keran ini, Nanan berharap bisa membuat pemerintah termotivasi.

“Harapan rumah zakat, kita hanya sebagai inspirasi saja, harapannya ini dilihat oleh desa, kecamatan dan intansi lain untuk membuat wastafel tanpa keran, sehingga steril saat digunakan,” pungkasnya.

Newsroom

Amri Rusdiana[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia