INI ALASAN ELAN JAELANI BERDAYAKAN PARA PETERAK DOMBA DI KAMPUNGNYA

BOGOR. (6/2) Elan Jaelani namanya, Fasilitator Desa Berdaya Pamoyanan Bogor binaan Rumah Zakat. Di desa pamoyanan yang dibinanya elan memutuskan untuk memberdayakan peternak dengan komoditas utamanya Domba.

Elan memiliki alasan tersendiri dalam memberdayakan para peternak menurutnya selama ada Qurban & ibu melahirkan maka pasar Domba akan selalu terbuka lebar. Selain ia saya mempunyai dasar-dasarnya setelah berkonsultasi dengan ustadz.

“Akan tiba masanya ketika harta muslim yang terbaik adalah domba yang digembala di puncak gunung dan tempat jatuhnya hujan. Dengan membawa agamanya dia lari dari beberapa fitnah (kemungkaran atau peperangan sesama muslim)” ujar Elan mengutip Sabda Rasullullah SAW.

Elan pun mengutip hadist Dari Abu Hurairah R.A. dari Rasulullah SAW,yang berbunyi : “Termasuk penghidupan manusia yang terbaik, adalah seorang laki-laki yang memegang kendali kudanya di jalan Allah. Dia terbang diatasnya (dia menaikinya dengan jalan yang cepat). Setiap mendengar panggilan perang dia terbang diatasnya dengan
bersemangat untuk mencari kematian dengan jalan terbunuh (dalam keadaan syahid) atau mati biasa.  Atau seorang laki-laki yang menggembala domba di puncak gunung dari atas gunung ini atau lembah dari beberapa lembah. Dia mendirikan sholat, memberikan zakat dan menyembah kepada Tuhannya hingga kematian datang kepadanya. Dia tidak mengganggu kepada manusia, dan hanya berbuat baik kepada mereka.” (H.R. Muslim).

Berdasarkan hadits tersebut – lanjut elan – kita menjadi paham kini  bahwa domba adalah harta muslim terbaik dan menggembalakannya adalah penghidupan terbaik setelah berjihad.

Hal ini antara lain juga bisa difahami dari manfaat atau kegunaan kambing atau domba tersebut. Selain untuk Qurban,bila kambing atau domba tidak ada, dengan apa muslim mebayar dam-nya ?, dengan apa dia ber-aqiqah ?

Syariat Islam akan terus tegak di muka bumi sampai akhir jaman, maka memelihara sarana untuk penegakannya antara lain seperti memelihara ketersediaan kambing atau domba tersebut menjadi salah satu pekerjaan terbaik di muka bumi sampai akhir jaman.

Dalam sejarah Islam, kambing atau domba ternyata juga bukan hanya untuk qurban, aqiqah, membayar dam, dan memenuhi kebutuhan daging sehari-hari.

Elan juga menjelaskan bahwa di Jaman Rasulullah Kambing atau Domba juga dipakai untuk standar gaji, ini sangat bisa dipahami karena kambing atau domba dapat secara akurat merepresentasikan kebutuhan dan nilai yang berlaku di masyarakat pada masing-masing jamannya. Inilah beberapa alasan kenapa Elan ingin sekali mengembangkan usaha ternak Kambing atau Domba ini di Desa Berdaya Pamoyanan.

Saat ini Elan memberdayakan satu kelompok peternak yang berjumlah 22 orang, para peternak ini diberdayakan dengan diberi bantuan berupa Kambing untuk kembangbiakkan, selan itu para peternak ini juga diberi mentoring cara beternak yang baik.

“Saat ini para peternak fokus untuk pembesaran, target untuk dijual lagi” ujar Elan.

Newsroom
Agi Nubuat/ Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi