JERRY PRATAMA HOBI MENANGKAP ULAR

SEMARANG. Tidak ada yang menyangka sebelumnya jika Muhammad Jerry Pratama biasa dipanggil Jerry, salah satu Siswa SD Juara Semarang, memiliki kecerdasan natural yang menonjol. Setahun awal kami mengenal dan memahami Jerry sebagai sang maestro gambar karena seringnya ia ikut lomba gambar, dan banyaknya piala berjejer di rumahnya hasil lomba gambar. Namun ternyata dia mempunyai kecerdasan lain yang juga menonjol.

Bermula dari keluhan guru kelas II tentang kedisiplinan 5 siswa (5 Sekawan) salah satunya Jerry dalam mengikuti pembelajaran, dilakukanlah investigasi oleh PKS Kesiswaan. Walhasil 5 sekawan sering telat masuk kelas, setelah istirahat karena asyik mencari ikan di kali dekat sekolah. Pertama-tama ikan selanjutnya berkembang mencari ular. Dari 5 sekawan tersebut sebenarnya hanya Jerry yang berani mencari dan menangkap ular. Empat yang lain hanya mengikuti.

Hampir setiap hari Jerry berhasil menangkap ular hijau. Ketika ditanya oleh salah seorang guru kepada Jerry, ternyata ia tahu cara menangkap dan menghilangkan bisa ular dari menonton acara Panji di salah satu TV swasta yang ia lihat.”Saya ingin menjadi penerus Pandji kelak,” ungkapnya dengan penuh semangat.

Untuk mengurangi intensitas bahkan menghentikan 5 sekawan beraksi menangkap ular, Yasin seorang guru SD Juara Semarang berinisiatif untuk membelikan binatang piaraan. Maka dibelilah biawak yang dipanggil ‘Biebie’. Walaupun hanya berumur satu hari dan raib entah kemana karena kandang yang tersedia tidak memadai. Solusi lainnya yang ditempuh pihak sekolah terhadap 5 sekawan ini dengan mempertemukannya dengan komunitas reptil Semarang yaitu T- Rec.

Sekolah mengundang T-Rec untuk eksibisi reptil di sekolah dengan harapan bisa memenuhi keingintahuan yang besar dari beberapa siswa tentang reptil terutama ular. Merekapun datang bertandang ke sekolah dengan membawa koleksi puluhan ular phyton yang besar-besar. Melihat antusias siswa, T-Rec seperti menemukan kader penerus komunitas mereka. Merekapun membagikan kartu anggota gratis kepada siswa. Hal ini memberikan inspirasi kepada sekolah untuk
membuat club dan ekstrakurikuler pecinta binatang meski tidak dalam waktu dekat karena sekarang sedang fokus membenahi kemampuan baca tulis beberapa siswa termasuk 3 dari 5 sekawan.***

Newsroom/Joko Kristiyanto
Semarang

Tags :
Konfirmasi Donasi