KAMPUS RELAWAN TINGKATKAN KAPASITAS RELAWAN

JAKARTA. Kampus Relawan merupakan program yang diselenggarakan oleh Koordinator Relawan Rumah Zakat wilayah Jakarta Timur, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dasar seputar kegiatan kerelawanan. Penyelenggaraan Kampus Relawan diikuti oleh 17 relawan baru bertempat di jalan Tebet Barat VI No. 41, Jakarta Selatan. Minggu(4/03).

Seorang relawan harus siap untuk ditugaskan mendistribusikan bantuan di dalam maupun di luar tempat tinggalnya. Memberikan pelatihan kepada relawan agar selalu siap maka ilmu yang dibagikan dalam Kampus Relawan kali ini adalah Manajemen Perjalanan.

Pemaparan dan penjelasan tentang Manahemen Perjalanan di sampaikan oleh Mukhlis W. Indra yang merupakan ketua Divisi Disaster Relawan Rumah Zakat wilayah Jakarta. “Manajemen Perjalanan sangat penting untuk dipahami oleh seorang relawan. Sebelum melakukan perjalanan, seorang relawan harus memiliki pengetahuan barang-barang apa saja yang wajib mereka bawa dan mampu menggunakan alat-alat navigasi,” ujarnya.

Menambahkan bahwa dalam manajemen perjalanan meliputi teknis persiapan, pengepakan (packing) yang baik, perbekalan perjalanan, pengenalan item perlengkapan hingga pengenalan navigasi. Pemaparan dilakukan secara dua arah untuk memudahkan dalam pemahaman peserta.

Sesi selanjutnya dalam Kampus Relawan adalah mempraktekan apa yang telah dipelajari pada sesi sebelumnya, Relawan dibagi menjadi beberapa kelompok dan mendapatkan tugas untuk membawa sejumlah barang. Setiap individu wajib memeriksa perlengkapan diri dan orang lain dalam kelompoknya.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pemula, karena dengan manajemen perjalanan dapat meminimalisir resiko yang akan terjadi. Bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ketika di lapangan maka kami sudah siap dengan segala perlengkapan yang telah dibawa,” ujar Muhammad Sadun salah satu peserta yang mengikuti Kampus Relawan.

 

Newsroom/ Sahruldin
Jakarta

 

Tags :
Konfirmasi Donasi