KEARIFAN LOKAL BEAS PARELEK YANG TERUS DIJAGA DI DESA BERDAYA CISANDE

(Foto: Rumah Zakat)

SUKABUMI, Rumah Zakat – Rabu (08/4) untuk kesekian kalinya kegiatan pengumpulan “beas perelek” dilaksanakan di Desa Berdaya Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Kegiatan ini sudah berjalan cukup lama dan terus dijalankan hingga kini. Bagi masyarakat Cisande sendiri budaya seperti ini harus terus dijalankan, karena ada semangat gotong royong di dalamnya. Budaya gotong royong pulalah yang menjadi penyatu antar suku bangsa, laksana tali yang mengingat antar warga yang satu dengan yang lain.

Kegiatan pengumpulan “beas perelek” di Desa Berdaya Cisande, biasanya dilakukan oleh 3 – 5 orang. Kali ini, kegiatan beas perelek ini dikumpulkan oleh Maman Mulyana selaku Relawan Rumah Zakat, Ika selaku Ketua kader PKK RW 07 Dusun Pondokleungsir dan Dede Zaenal selaku tokoh pemuda di desa Cisande.

(Foto: Rumah Zakat)

“Kegiatan Beas Perelek Desa Berdaya Cisande, khususnya di RT 22/07 Kampung Karadenan rutin dilaksanakan setiap hari Senin. Biasa hasil pengumpulan beas perelek digunakan untuk dibagikan kembali kepada masyarakat yang tidak mampu atau digunakan untuk membantu kegiatan Hari besar keagamaan,” kata Maman.

Di tengah wabah virus corona/Covid-19 yang saat ini terjadi, kegiatan beas perelek sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya di Desa Berdaya Cisande. Dari beas perelek ini juga masyarakat diajarkan untuk mengetahui bahwa hal yang sedikit terasa sangat melimpah jika dikerjakan bersama.

Newsroom

Cecep/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi