KEBUN GIZI BINAAN RUMAH ZAKAT SURABAYA JUARA PERTAMA LOMBA HIDROPONIK

SURABAYA| duta.co –Menanam sayuran secara hidroponik kini menjadi tren masyarakat perkotaan termasuk di Surabaya. Selain murah dan mudah, menanam secara hidroponik tidak membutuhkan tempat yang luas.

Bahkan untuk para penghobi tanaman hidroponik, tidak punya lahan pun tak masalah. Sebab media tanam yang terbuat dari pipa paralon, botol dan kaleng bekas bisa dipaku di dinding atau tembok luar rumah. Sayuran yang ditanam pun tumbuh menghijau dan subur.

Untuk menggairahkan warga Surabaya mengenal dan bisa bercocok tanam secara hidroponik, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Surabaya menyelenggarakan lomba tanaman hidroponik warga mewakili kelurahannya masing masing. Hasilnya budi daya tanaman hidroponik itu ditampilkan di Taman Surya. Ada 25 kelurahan yang berhasil melewati seleksi awal yang digelar sejak sebelum bulan puasa lalu.

Agus Supriyanto, Kepala Perwakilan Rumah Zakat Jawa Timur mengatakan Kebun Gizi hidroponik RT 4 RW 4 binaan Rumah Zakat di Kelurahan Jemurwonosari mewakili Kelurahan Jemurwonosari, Kecamatan Wonocolo menjadi juara pertama.
“Selama ini Rumah Zakat telah aktif membina warga RT 4 dalam bidang kesehatan dan kebersihan lingkungan,” jelasnya kemarin.

Sejak tanggal 28 Mei, kader penghijauan RT 4 melakukan pembenihan. Jenis tanaman yang dilombakan Sawi, Kangkung dan Selada. Tanggal 14 Juni dilakukan penilaian pertama tim Juri terdiri staf dinas pertanian dan komunitas hydroponik kota Surabaya.

Setelah itu dilakukan penilaian tahap dua pada tanggal 12 Juli. Pada penilaian ini juga dihadiri oleh Camat Wonocolo, Danramil Wonocolo, Kapolsek yang diwakili oleh Babinkamtibmas, Lurah Jemurwonosari, Lurah Margorejo dan Lurah Bendul Merisi serta staff Kecamatan.

Pada acara Awarding Hidroponik tersebut, akhirnya RT 4 RW 4 kelurahan Jemurwonosari menjadi juara 1, disusul juara 2 dari kelurahan Simomulyo dan juara 3 kelurahan Kedungdoro. Sedangkan juara harapan 1 kelurahan Mojo, juara harapan 2 kelurahan Pagesangan dan juara harapan 3 kelurahan Karangpilang.

Selain itu ada kampung produktif hidroponik (kelurahan Babadan), kampung kreatif hidroponik (kelurahan Simolawang), fasilitator terbaik (kelurahan Manukan Wetan) dan pendamping terbaik (kelurahan Jambangan).

 

Sumber: http://duta.co/kebun-gizi-binaan-rumah-zakat-surabaya-juara-pertama-lomba-hidroponik/

 

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi