KEBUN GIZI HASIL PEMBERDAYAAN RZ, SAJIKAN SAYURAN SEGAR SETIAP HARI

RZ LDKO CilegonSOLO. Sejak awal berdirinya kebun gizi, Sukiran selaku ketua RT 2 Dusun Ngemplak Sutan mendukung proogram ini. “Sekarang kalau pulang kerja kemudian melihat pekarangan hijau oleh tanaman sayur rasanya senang sekali,” ungkap Sukiran.

Motivasi Sukiran megikuti Kebun Gizi Mandiri tak lain karena ingin melestarikan lingkungan serta menyediakan sumber pangan sendiri. Hingga saat ini ia sudah memaanen hasil kebunnya hingga 3 kali.

“Alhamdulillah dengan mengikuti program ini, bisa makan sayur setiap hari. Selain itu uang belanja juga bisa hemat, jika dihitung-hitung sebulan bisa menyisihkan Rp25.000 hingga Rp50.000,” tuturnya. Ia juga menyampaikan selama mengkonsumsi sayuran dari kebunnya, tidak ada keluhan sembelit sekalipun. Hal ini menunjukan bahwa tanaman organik yang dihasilkan memang baik untuk kesehatan.

Setelah merasakan langsung manfaatnya, pegawai swasta ini kemudian mengajak anggota keluarga besarnya untuk turut serta menanam sayur di halaman. Beberapa kini sudah mulai berkebun, walaupun tidak semua. “Cukup susah memang mengubah paradigma, bahkan anggota keluarga terdekat sekali pun. Rata-rata mereka beralasan sibuk dan merasa repot jika harus menanam sendiri,” ujar Sukiran.

Dari 300 KK, sudah 80 KK yang ikut dalam program Kebun Gizi Mandiri ini, bahkan cenderung bertambah. Sukiran sebagai ketua RT terus mengupayakan dan memotivasi warganya untuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan ditanami sayuran. Ia juga sangat mendukung pembuatan taman gantung di wilayahnya. “Dengan adanya taman gantung di sepanjang jalan, desa kami akan tampak lebih hijau. Selain bermanfaat juga enak dilihat,” tuturnya.***

Sumber : RZ Magz #17 Februari 2015

Tags :
Konfirmasi Donasi