KEBUN GIZI RUMAH ZAKAT AJAK BAPAK – BAPAK BERCOCOK TANAM

SURABAYA. (05/04) M. Susilo adalah ketua RT 04 di RW IV Kel. Jemurwonosari, Kec. Wonocolo, Surabaya yang konsisten dalam menjaga lingkungan tempat tinggalnya. Susilo biasa ia disapa, bersama Hidayat selaku Ketua RW menjadi penggerak kegiatan Kebun Gizi Kemaruk yang hadir di lingkungannya pada 2015 lalu. Menurut Susilo keberadaan program yang di inisiasi oleh Rumah Zakat tersebut membantu warganya untuk semakin peduli terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan tempat tinggal mereka.

“Tahun 2014 kami sempat mengikuti lomba Green and Clean dari Pemerintah Kota Surabaya, namun lingkungannya belum begitu hijau. Baru setelah ada bantuan dari Rumah Zakat semakin banyak tanaman yang ditanam dan kami bisa belajar ke tempat hydroponik yang sudah besar,” ungkap pria 53 tahun tersebut.

Susilo pun menuturkan pada awal pembentukan Kebun Gizi Kemaruk, warganya tidak serta merta turut ambil bagian dalam program tersebut. Melalui rapat periodik yang diselenggarakan setiap akhir bulan lah ia terus mengingatkan warga RT 04 akan pentingnya keberadaan Kebun Gizi bagi lingkungan. Dengan cara demikian Susilo dapat mengajak lebih banyak warga terutama bapak-bapak untuk menanam sayuran di pekarangan rumah mereka.

Saat ini mayoritas anggota kelompok Kebun Gizi Kemaruk adalah para kepala keluarga. “Alasannya adalah jika bapak-bapak yang menanam tanaman para ibu pasti akan ikut memeliharanya, tapi belum tentu jika sebaliknya,” kata bapak dua anak ini.

Dengan semakin meningkatnya kesadaran warga, produksi tanaman sayur di lingkungan RT 04 ini pun semakin meningkat. Namun menurut Susilo saat ini warganya belum bisa memenuhi permintaan pasar yang juga semakin meningkat karena masih terbatas pada lahan. Sedangkan hasil panen kemangi dan jeruk diolah oleh anggota PKK menjadi minuman segar siap minum. Inilah yang menjadi fokus utama Kebun Gizi Kemaruk, selain menghijaukan lingkungan juga meningkatkan ekonomi warga melalui pertanian di pekarangan rumah
warga.

Newsroom
Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi