LDKO SARANA MEMBENTUK RELAWAN YANG DISIPLIN

LDKO Aceh jpgBANDA ACEH. Relawan RZ Aceh menggelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan dan Organisasi (LDKO) guna mempersiapkan diri para anggota relawan untuk menjadi lebih siap, disiplin dan penuh wawasan dikemudian hari. Acara ini digelar Rabu (7/5). Selama kegiatan sebagian besar aksi relawan selalu difokuskan untuk turut serta membantu masyarakat yang tertimpa bencana dan mendampingi masyarakat untuk peduli lingkungan.

Para relawan pun dilatih pengembangan diri  agar mereka menjadi lebih luas pemahamannya tentang cara mengelola sebuah organisasi, dan handal dalam aksinya saat turun ke daerah bencana. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, dimulai dari tanggal 3 hingga 4 Mei di Perumahan Tiongkok, Desa Neuheun, Kab Aceh Besar.
LDKO ini diikuti oleh 21 peserta, diisi dengan berbagai kegiatan dan materi. Diantaranya: Materi Leadership yang disampaikan oleh Branch Manager RZ Aceh, Bisnis dan Investasi oleh Amil RZ Novrianda.

Pemaparan materi juga diselingi dengan diskusi dan simulasi serta permainan ringan disetiap materi. Para relawan pun belajar beladiri praktis di sore hari. Malam harinya relawan berdiskusi tentang berbagai hal terkait keorganisasian, baik terkait sistem pelaporan keuangan yang dikoordinatori oleh salah satu relawan, dilanjutkan dengan diskusi maupun presentasi terkait program kerja 3 bulan kedepan, modifikasi program, dan struktur organisasi.

“Agendanya seru, membangun kekompakan, kedisiplinan, dan menambah wawasan, semoga ada kelanjutannya. Melalui acara ini bisa untuk melatih kepiawaian calon seorang pemimpin tidak cukup sekali waktu saja, ibarat sebuah pisau semakin sering diasah, semakin bagus dalam penggunaannya. Semakin sering calon seorang pemimipin dilatih maka akan semakin baik ia dalam menjalankan kepemimpinannya kelak,” ungkap salah seorang relawan Aceh Sultan.***

Newsroom/Nurmansyah S
Banda Aceh

Tags :
Konfirmasi Donasi