KELOMPOK TANI CIHEULANG KEMBANGKAN POTENSI LADA PERDU

 

SUMEDANG. (03/08) Dusun Ciheulang Desa Mulyajaya Kec. Wado Kab. Sumedang terletak disebelah ujung Sumedang, secara geografis wilayah didesa ini cocok untuk pengembangan pertanian yang diantaranya adalah pertanian jenis lada.

Pohon ini memang sudah populer di masyarakat Indonesia bahkan mancanegara, akan tetapi lada yang dikembangkan didesa ini jenisnya masih langka dan belum begitu populer padahal jenis lada ini pemeliharaannya lebih mudah.

Jika lada pada umumnya ketika panen harus dipetik menggunakan tangga karena pohon Lada tumbuh dengan tinggi, tetapi berbeda dengan Lada Perdu cukup dipetik sambil berdiri.

Di awal bulan September 2017 Rumah Zakat melalui Fasilitator Desa Berdaya mengenalkan lada perdu untuk dikembangkan di Desa Mulyajaya kepada Kelompok Tani binaannya yang beranggotakan 10 orang, setiap petani binaan menerima bantuan bibit lada perdu sebanyak 50 Pohon dan total lahan yang ditanami lada perdu ini adalah kurang lebih 500 M.

“Para petani sangat senang dengan adanya program penanaman lada perdu ini karena banyak keuntungannya diantaranya mudah di panen
, harganya tinggi dan stabil, Cocok untuk bekal pensiun, cukup tanam sekali saja maka pohonnya akan panen berkali kali hingga 30 tahun” ujar Fasilitator Desa Berdaya, Dani.

Perkembangan lada perdu – lanjut Dani – di Kelompok Tani Ciheulang untuk saat ini cukup baik bahkan di bulan Desember nanti akan panen perdana.

Heryana salah satu anggota Kelompok Tani Ciheulang kini sudah bisa menanam kurang lebih 100 pohon dan sudah mulai berbuah.

“Terima kasih kepada Rumah Zakat atas bantuan lada perdunya dan semoga Rumah Zakat semakin sukses dan amanah” ujar Heryana

Newsroom
Yanta / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi