KELURAHAN BALOWERTI IKUTI LOMBA KEBERSIHAN LINGKUNGAN

KEDIRI. Demi terwujudnya Kota Kediri yang hijau dan bersih Pemerintah Kota Kediri mengadakan lomba “Kediri Green and Clean”, yang dirangkai dengan peringatan hari lingkungan hidup sedunia. RW 06, Kelurahan Balowerti merupakan RW yang menjadi penilaian Rumah Zakat cabang Kediri, terpilih menjadi RW percontohan untuk tingkat kelurahan dan berhak ikut mewakili lomba kebersihan untuk tingkat Kota Kediri.

Tahap awal lomba diawali dengan kedatangan tim penilai dari Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Kota Kediri di Kelurahan Balowerti, Jumat (10/6). Selanjutnya tim juri menilai secara detail tiap gang RW 06 Balowerti. Tim bertanya kepada warga tentang konsep pengelolaan sampahnya. Tim pun memberi apresiasi bagus, karena warga telah sadar tentang kebersihan lingkungan kelurahan, terbukti dengan tersedianya tempat sampah yang membedakan sampah basah dan sampah kering.

Guna mendukung gerakan “Green and Clean”, para penilai berharap peran serta masyarakat agar mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan kerja bhakti secara rutin di masing-masing  lingkungannya. Dengan menggalakkan penanaman pohon, dan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di setiap keluarga.

Disamping itu menyarankan untuk mendaur ulang sampah yang masih bisa dimanfaatkan, misalnya untuk kerajinan tangan. Sebagaimana yang telah dilakukan Rumah Zakat cabang Kediri, yaitu memanfaatkan kain limbah menjadi keset. ***

Newsroom/Cecep Lubis Hidayatulloh
Kediri

Tags :
Konfirmasi Donasi