KEMAH JUARA BAJARMASIN: BORNEOKU HIJAU, INDONESIAKU HIJAU

BANJARMASIN. Rumah Zakat dan Indonesia Juara Cabang Banjarmasin melaksanakan Kemah Juara 2012 di halaman gedung LVRI Kalimantan Selatan, Jl.Brigjend H.Hasan Baseri, Bundaran Kayu Tangi, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (25/12). Hujan yang mengguyur kota Banjarmasin sejak pagi tak mengurangi semangat 69 anak asuh yang mengikuti kegiatan ini. Mereka telah berkumpul di lokasi kegiatan sekitar pukul 07.30 WITA dan siap mengikuti kegiatan bertema Berbagi hijau untuk Indonesia.

Kemah Juara 2012 dibuka oleh Nor Infansyah, selaku staf ahli bidang pemerintahan yang mewakili Walikota Banjarmasin. Di akhir acara pembukaan Kemah Juara ini, dengan dipandu panitia, peserta membacakan Deklarasi Anak Juara Cinta Lingkungan sebagai ikrar bahwa mereka akan menjaga alam dan lingkungan, khususnya di lingkungan sekitar mereka berada.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Duta Lingkungan Hidup (DLH) 2012, Noverawati Aisyah Prastiwi, yang juga berbagi pengalaman success story dan memberikan himbauan agar anak-anak mencintai lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan juga melakukan penghijauan. Selain itu, perwakilan dari Dinas Kebersihan & Pertamanan Kota Banjarmasin dan Dinas Perikanan & Kelautan Provinsi Kalimantan Selatan, juga WALHI (Wahana Lingkungan Hidup) turut berpartisipasi mendukung kegiatan Kemah Juara di Banjarmasin dengan menjadi pemateri dalam kegiatan Go Green Education.

Acara dilanjutkan dengan Sharing Green Culture. Semua peserta diajak ke lokasi penanaman pohon di ruang terbuka perkotaan, tepatnya di pinggiran Jl.Belitung, Banjarmasin. Sebanyak 70 pohon yang terdiri dari jenis pohon trembesi, mahoni, dan kupu-kupu ditanam di pinggiran jalan raya. Aksi penanaman pohon ini sendiri dibimbing oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan.

Setelah itu, siang harinya disusul dengan kegiatan Green Competition. Peserta diajak untuk berkompetisi dalam permainan yang berkaitan dengan alam dan lingkungan. Ada kompetisi menebak dan mencari TOGA (Tanaman Obat keluarGA), membangun maket rumah ramah lingkungan, kompetisi save our water, membuat kreasi dari BaBe (Barang Bekas) dan membangun piramid dari botol plastik bekas.

Di akhir acara, mereka mendapatkan medali dan reward atas kompetisi yang mereka menangkan. Rasa lelah pun seolah hilang berbagin senang. Terlebih mereka juga mendapatkan banyak pengetahuan seputar lingkungan. Semoga Kemah Juara selalu memberikan kesan dan pengalaman positif bagi anak-anak juara Rumah Zakat. ***

Newsroom/Nimatul Abadiah

Banjarmasin

Tags :
Konfirmasi Donasi