KENALI EMOSI ANAK, SMP JUARA PEKANBARU GELAR PARENTING CLASS

SD JUARA PEKANBARU DALAMI MAKNA PERJUANGAN MELALUI LOMBA KEMERDEKAAN (2)PEKANBARU. Hari ini (18/08) di SMP Juara Pekanbaru kembali dilaksanakan agenda bulanan yaitu Parenting School. Pada kegiatan ini materi yang diberikan adalah Mengenal Emosi Anak. Materi ini diambil sebagai sarana pengetahuan bagi orang tua dalam mengenal Emosi Anak, penyebab emosi anak, bagaimana mengarahkan emosi anak, dan banyak lagi yang dibahas dalam kegiatan parenting kali ini.

Kegiatan diisi oleh ibu Irene Prakikih, M.Psi., Psikolog. Beliau merupakan praktisi di bidang ilmu psikologi yang membuka layanan konseling. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh orang tua siswa Juara tersebut dimulai dari pukul 08.30 sampai dengan 10.30 WIB.

Dalam pemaparannya, ibu Irene menyampaikan bahwa untuk mengenal emosi remaja orang tua harus terlebih dahulu mengenali emosi sendiri. Terkadang yang membuat orang tua tidak mengerti dengan emosi anak disebabkan oleh emosi yang tidak terkontrol.

Adapun emosi yang dominan pada remaja yaitu emosi marah, emosi takut, emosi cinta. Emosi marah biasanya dimunculkan ketika kebutuhan anak tidak dipenuhi. Emosi takut muncul ketika anak merasa tidak diterima oleh lingkungannya, dan emosi cinta muncul karena adanya ketertarikan dengan lawan jenis.
Untuk itu orang tua dapat melakukan aktifitas bersama yang menyenangkan sehingga anak dapat menyampaikan permasalahan yang dihadapi, misalnya seorang ayah membawa anak untuk melakukan aktifitas memperbaiki motor, disitulah bisa dilakukan dialog.

Selain itu, juga bisa dilakukan kegiatan seperti makan, sarapan, nonton bareng, dan rekreasi bersama. Dalam kegiatan ini orang tua siswa sangat antusias menanggapi materi, salah satunya adalah Suyadi ayah dari Himka siswa kelas 7. Ada yang menarik pada kebiasaan keluarga ini. Mereka membiasakan untuk diskusi setiap pekan dengan semua anaknya. Dari hasil itu anak lebih mau terbuka dan terkontrol oleh orang tua serta lebih bisa mendiri menghadapi prilaku nya.

Menurut Syahrul Padilah, ketika ditanya pada Kamis (18/08) “Kegiatan ini bagian dari proses pelibatan orang tua dalam membina dan menciptakan siswa juara, kita berharap orang tua mau bekerjasama dengan sekolah untuk membina anak-anak,”

“Kegiatan ini bisa menambah ilmu dan wawasan kit (orang tua) dalam mendidik anak, khususnya dalam usaha dan sikap kita mengendalikan emosi. Sangat bermanfaat alhamdulillah. Saya tingggal harus praktek.” ungkap Ibu Ratniwati orang tua dari Sayyidah Hanifa, salah satu Siswa Juara.

Newsroom/Adi Hamdani
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi