KERAJINAN FLANELL UNTUK DORONG WIRAUSAHA

SOLO. Rumah Zakat cabang Solo menggelar pembinaan bagi 40 Anak Juara di wilayah Non Integrated Community Development Surakarta, Minggu (22/1). Pembinaan yang bermaterikan pelatihan kain flanell ini juga menghadirkan 20 orangtua Anak Juara.

Kegiatan yang berlangsung di Masjid Babussalam PLN APJ Surakarta ini menghadirkan juga pakar kreativitas flanell Surakarta, ibu Diah. Dalam awal materinya, ia mengenalkan bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan kerajinan flanell. “Bahan yang dibutuhkan adalah flanel, daklron, benang, dan tali kur. Sedangkan untuk alatnya diperlukan jarum, dan lem bakar beserta alat tembaknya,” ujar ibu Diah. Ia juga menekankan dalam pembuatan flanell ini butuh ketelitian dan kesabaran.

Menurut Lisana Widi, tujuan kegiatan ini agar Anak Juara dan orangtuanya memiliki skill untuk berkarya sehingga bisa menjadikan inspirasi untuk berusaha dengan membuat flanell. Hal ini dibuktikan dengan beberapa testimoni orangtua Anak Juara seperti ibu Ratih yang akan menjadikan kain flanell untuk usaha membantu biaya sekolah anaknya. “Makasih ya ibu Diah, sudah membagikan ilmunya kepada kami, Insya Allah saya akan membuat flanel ini untuk menambah biaya sekolah anak saya,” ujar ibu Ratih.

Ibu Ratih, ibu Malik dan Sinta akan menjadikan hasil kerajinan flanell karyanya iniuntuk menambah pendapatan mereka. “Saya mau buat flannell ini lalu dijual di sekolah dengan harga per flanell @Rp 4000,-. Semoga hasilnya bisa bantu ibu,” tutur Sinta.***

Newsroom/Muhammad Zahron
Solo

Tags :
Konfirmasi Donasi