KISAH PROFIL SAHARIA, WARGA BINAAN RZ MAKASSAR YANG TERGABUNG DALAM KELOMPOK SARI

RZ Saharia Kelompok SariMAKASSAR. Saharia (44) merupakan sapaan akrab dari warga binaan RZ cabang Makassar di wilayah Integrated Community Development Kampung Parang yang gemar bercocok tanam dan tergabung dalam Kelompok Sari (Sayur Mandiri). Ia hidup sangat sederhana bersama keluarganya. Pekerjaannya sebagai buruh cuci rumah tangga tetap membuatnya untuk semangat dan aktif mengikuti berbagai program pembinaan yang diadakan oleh RZ.

Ia mulai aktif menjadi warga binaan semenjak RZ pertama kali hadir di Kampung Parang, selain itu ia juga aktif sebagai kader lingkungan bentukan RZ di Kampung Parang. Kesibukannya sebagai buruh cuci harian tidak membuatnya malas menghadiri kegiatan binaan yang dilaksanakan RZ.

Karena menurutnya, semenjak kehadiran RZ di Kampung Parang, aktivitas yang dilakukan sangat bermanfaat baik untuk dia pribadi maupun warga yang lainnya karena menambah pengetahuan dan ilmu yang bermanfaat. Salah satu kegiatan yang sangat disenanginya adalah kegiatan di Kelompok Sari. Hobi berkebun memang sudah dari kecil ditekuninya. Hanya karena kesibukan pekerjaannya, sehingga hobi ini terhenti sampai kemudian RZ datang dan membina Kelompok Sari (Sayur Mandiri). Kelompok ini dibentuk untuk menyemangati warga binaan yang terdiri dari para ibu-ibu agar mau menanam sayur di rumahnya masing-masing, walaupun dengan keterbatasan lahan.

Banyak sekali manfaat yang saya rasakan semenjak mengikuti pembinaan di RZ salah satunya pembinaan Kelompok Sari. Saya mendapatkan kesenangan batin ditengah kesibukan saya yang cukup melelahkan sebagai buruh cuci harian rumah tangga lewat aktivitas saya di Kelompok Sari. Yang paling menyenangkan pula, ketika hasil tanaman sayur Kelompok Sari tidak hanya saya manfaatkan untuk keluarga saya sendiri tetapi juga bisa saya bagikan kepada warga terdekat sampai keluarga yang ada di kota.

Walau hanya sayur tetapi saya sangat baahagia ketika mampu berbagi dengan orang lain dengan hasil jerih payah sendiri. Yang paling berkesan pula, ketika suami juga ikut termotivasi ikut kegiatan positif ini.***

Newsroom/Salmiah Made
Makassar

Tags :
Konfirmasi Donasi