KOMUNITAS BISNIS PEMUDA DI DESA SEPUH GEMBOL, UBAH MUSTAHIK JADI MUZAKKI

PROBOLINGGO. Senin (01/01) Sebuah kebanggaan bagi para pemuda di Desa Berdaya Sepuh Gembol, Kecamatan Wonomerto, Kab. Probolinggo ini untuk bisa belajar berbisnis online. Fuad Saefullah, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat menginisiasi kelompok bisnis pemuda yang diberi nama “CSOM” Comunitas Sudagar Online Muslim.

Berawal dari keprihatinan Fuad dengan aktifitas medos para pemuda yang tidak menghasilkan apa-apa selain FBan, membuat status yang tidak jelas dan mencari pacar, dimulailah pembinaan kepada para pemuda ini untuk membentuk mindset berbisni. Awalnya anggota CSMO ini beranggotakan 5 orang binaan. Berjalannya waktu, CSMO yang dibentuk pada bulan juni kini beranggotakan 12 orang anggota aktif.

“Awal pembentukan di bulan Juni 2017, ada 5 anggota. Dan dimulailah pembinaan mindset berbisnis . Alhamdulillah untuk bulan juli sampai sekarang ada 12 anggota berusia 15 – 21 tahun yang aktif di CSOM,” terang fuad.

Selain melakukan pembinaan mindset berbisnis, dilakukan pula kegiatan rutin khotmil Quran setiap pecan, bergiliran dari rumah ke rumah setiap anggota. Fuad juga memberikan mereka pinjaman berupa modal usaha bergilir dari Rumah Zakat. Modal dipakai para anggota untuk belanja produk. Setelah produk terjual, modal pembelian langsung disetor ke bendahara CSOM. Sehingga modal tdk habis terpakai untuk keperluan pribadi dan bisa digilirkan kepada anggota yang lain.

Dari cara seperti ini, para anggota CSMO banyak yang memiliki omset jutaan perbulan. Salah satunya, Khoiruddin (21 Thn). “Awalanya bingung mencari kerjaan, Alhamdulillah setelah menggeluti dunia bisnis online bulan juli tembus omset 2 juta, November 5 juta dan akhir tahun ini, omset bisa 10 juta lebih.

Di tahun ini Khoiruddin yang awalnya hanya penerima manfaat (Mustahik). Kini, Ia bisa menjadi seorang Muzzaki dan bertekad untuk menjadi donatur ke Rumah Zakat.

“Alhamdulillah, Senyum kemandirian binaan Rumah Zakat semakin merekah. Kemanafaatannya bisa terlihat dari plosok desa di Kab. Probolinggo. Semoga bisa tertular kepada pemuda yang lain,” ungkap Fuad.

Newsroom/Kuna
Probolinggo

Tags :
Konfirmasi Donasi