KOPERASI SAMPAH LESTARI: HINDARI RIBA, LESTARIKAN LINGKUNGAN

BLORA. Program Koperasi Sampah “Lestari” atau disingkat KOSAM Lestari merupakan salah satu program unggulan yang diinisiasi oleh fasilitator Rumah Zakat bersama Ibu-ibu Rumah tangga Desa Tanjung, Kec. Kedungtuban, Kab. Blora, Jawa Tengah. Program tersebut dilaunching sebulan lalu tepatnya pada (23/09).

Program tersebut lahir dari kepedulian akan lingkungan sekitar dan juga untuk menghidupkan ekonomi yang syar’i di tengah maraknya rentenir berkedok Koperasi yang jelas-jelas mempraktikkan sistem kapitalis dan Ribawi. Maka dari itu harapannya KOSAM Lestari ini lahir sebagai solusi di tengah-tengah masyarakat.

“Alhamdulillah antusiasme warga sangat tinggi, terbukti sejak terbentuk KOSAM Lestari hingga hari ini sudah hampir lima puluh warga yg aktif mendaftar sebagai Anggota KOSAM.” Tutur Purwanto selaku fasilitator Rumah Zakat pada Senin (23/10).

KOSAM Lestari mengajak masyarakat untuk giat dan rajin menabung, terutamanya dalam bentuk sampah rumah tangga. KOSAM Lestari juga akan memberikan pinjaman modal bergulir tanpa bunga bagi anggotanya yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya.

KOSAM Lestari juga memberdayakan para anggotanya melalui pelatihan ketrampilan, dengan membentuk KUBE Pelatihan Benang Rajut. Pelatihan keterampilan menghasilkan hasil karyanya, sementara KOSAM Lestari menampung dan membantu memasarkan hasil karya ibu-ibu berupa dompet dan tas benang Rajut.

“Harapan kedepan, semoga KOSAM Lestari semakin berkembang pesat, sehingga bisa tumbuh cabang KOSAM di dusun-dusun desa Tanjung khususnya, dan meluas ke desa-desa lainnya.” pungkas Purwanto.

 

Newsroom/Ratih
Blora

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi