KUNJUNGAN FASILITATOR KE RUMAH PAK NARSO, PETERNAK KAMBING DI DESA MUJUR

CILACAP. Asih Sholihah, Fasilitator Desa Berdaya Mujur mengadakan kunjungan silaturahim ke rumah keluarga Bapak Narso yang berada di Dusun Gringging RT 01/02, Mujur, Kec. Kroya, Kab. Cilacap. Kunjungan ini selain untuk bersilaturahim juga ditujukan sebagai cara Fasilitator melihat peluang untuk meberdayakan masyarakat desa.

Pak Narso beserta istri, hidup berdua memelihara 6 ekor kambing yang semuanya adalah titipan warga sekitar. Sudah bertahun-tahun mereka menekuni profesi sebagai peternak kambing dan sangat tekun dalam menjalankan pekerjaannya.

Dengan akad perjanjian sistem bagi hasil dan musyarakah, kambing-kambing ini dititipkan kepadanya, hasil penjualan ternak kambing digunakan untuk ditabung dan kebutuhan sehari-hari.
Dalam kunjungan ini Fasilitator juga sempat memberikan pendampingan saran dalam memenuhi kebutuhan pakan kambing-kambing milik Pak Narso.

“Selain pemilihan bibit kambing secara tepat, dengan memperhatikan ciri fisik kambing yang sehat, tidak cacat, bulu bersih dan mengkilat. Asupan makanan dedaunan hijau-hijauan dan makanan yang berasal dari kacang-kacangan juga harus dipenuhi ya bu agar pakan cukup protein, karbo, vitamin & mineral,” papar Asih kepada Ibu Narso sembari ikut memberi pakan kambing.

Newsroom/Kuna
Cilacap

Tags :
Konfirmasi Donasi