KUNJUNGI PASAR TRADISIONAL, OUTING CLASS SD JUARA JAKARTA TIMUR SERU

kunjungi-pasar-tradisional-outing-class-sd-juara-jakarta-timur-seruJAKARTA. Pada hari Senin (03/10) peserta didik kelas V (Imam At-Tirmidzi) SD Juara Jakarta Timur mengadakan outing class ke pasar terdekat, yaitu Pasar Pulojahe dalam rangka memenuhi tugas wawancara bahasa Indonesia.

Mereka menuju ke sana dengan naik angkot dan pulangnya naik bemo. Saat mereka sampai di Pasar Pulojahe, mereka langsung menemui pedagang yang sudah mereka rencanakan akan dituju. Namun, ada pula yang tidak sesuai rencana karena ada yang tutup. Kelompok Jihan, misalnya mereka yang pada awalnya ingin mewawancarai pedagang baju seragam, menjadi mewawancarai pedagang emas.

Sementara, kelompok Hilmy malu-malu untuk memulai wawancara. “Inilah hikmah dari outing class ini, yaitu melatih kepercayaan diri siswa dan melatih kemampuan siswa dalam berbahasa santun. Alhmadulillah, akhirnya mereka (kelompok Hilmy) berhasil mewawancarai 2 orang pedagang buah setelah kita semangati.” ujar guru bahasa Indonesia.

Hari berikutnya, yaitu hari Rabu (05/10) mereka menyusun laporan hasil wawancara secara cooperative learning. Setelah itu laporan yang mereka buat akan dievaluasi apakah penulisannya sudah baik atau tidak, meliputi struktur kalimat, kepaduan antarparagraf, maupun tanda baca. Siswa mengetik hasil wawancara berupa laporan yang nantinya akan dipresentasikan.

“Data dari outing class ini juga akan berguna untuk materi Diskusi Panel di semester genap mengenai keberadaan pasar tradisional di tengah-tengah merabaknya pasar modern.” pungkasnya.

Newsroom/Dwi Lestari
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi