MAKSIMALKAN DIRUMAH AJA DENGAN BUDIDAYA TANAMAN PANGAN

(Foto: Rumah Zakat)

BREBES, RUMAH ZAKAT – Wabah Covid-19 memaksa semua orang untuk tetap di rumah. Meskipun begitu, hal tersebut tidak menghalangi langkah Relawan Rumah Zakat untuk tetap kreatif dan produktif.

Salah satunya yang dilakukan oleh Arifin, salah satu Relawan Rumah Zakat. Untuk memaksimalkan kegiatan selama di rumah, ia mempunyai aktivitas unik yaitu budidaya tanaman pangan.

Saat sore tiba, ia biasanya melakukan pengecekan tanaman kebun pangan, menyiram, memberi pupuk dan sebagainya. Ada beberapa tanaman yang ditanam seperti, kangkung,kacang panjang, cabe, cesim, bawang, serta melon.

Selain itu, Kegiatan ini dilakukan agar anak- anak betah dirumah dan sebagai sarana edukasi warga masyarakat yang ingin berbudidaya tanaman pangan cukup di rumah saja tanpa harus memiliki tanah yang luas.

Biasanya tanaman hasil budidaya sudah bisa dipanen ketika menginjak usia 1 bulan. Seperti yang dilakukan pada hari Kamis (28/5). Arifin mengajak anak-anak untuk memanen tanaman hasil budidayanya.

“Asik kangkungnya panen,” ucap Loga dan Valen.

“Kegiatan yang sangat mudah, murah, dan menyenangkan ini sangat bermanfaat sekali bagi kehidupan kita, mari kita gerakan anggota badan kita untuk berkebun pangan cukup di deket rumah saja,” ungkap Arifin.

Newsroom

Neni Nuraeni/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi