MENANTI HARAPAN MELALUI UNIT USAHA BARU DARI BUMMAS

WONOSOBO, RUMAH ZAKAT – Seperti diketahui adanya pandemi Corona membuat beberapa usaha lesu bahkan merugi. Sehingga mengakibatkan ekonomi masyarakat menjadi tidak stabil.

Namun, di tengah kondisi ini Rumah Zakat terus memberikan semangat kepada masyarakat salah satunya dengan menambah unit usaha BUMMas Java Jago Farm Desa Bumiroso Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo. Jenis unit usaha yang ditambahkan yaitu ternak kelinci. Unit usaha ini memang sudah direncanakan sejak akhir 2019 dan baru bisa terealisasikan ditahun 2020 ini.

Untuk menambah ilmu tentang perkelincian, Fasilitator Rumah Zakat membeli beberapap buku tentang budidaya kelinci. Setelah sebelumnya melakukan studi banding ke BUMMas Campursari yang memang bergerak diusaha kelinci Flemist Giant, Dilanjutkan dengan melihat langsung ke peternak kelinci di Pak Nanang desa Bumiroso.

“Untuk usaha kelinci kali ini kita menyasar untuk kelinci pedaging. Harapannya kedepan dari unit usaha kelinci pedaging ini bisa membuka usaha warung makan yang dikelola oleh ibu-ibu,” ujar Ni’am Fasilitator Rumah Zakat.

Ada 3 jenis kelinci yang akan diternakan yaitu Flam, Rex dan NZ masing-masing 4 ekor. Alasan dipilihnya kelinci menjadi salah satu unit usaha adalah salah satunya dikarenakan produktifitasnya yang lumayan cepat dibandingkan domba/kambing. Selain itu kotoran serta urinnya bisa dipakai untuk pupuk kandang secara mandiri.

“Terimakasih Rumah Zakat, semoga ternak kelincinya bisa berhasil berkembang biak dan sukses,” ujar Alif selaku penerima manfaat.

Newsroom

Anantiyo Widodo/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia