MENTERI AGAMA RI BUKA KONFERENSI WZF

YOGYAKARTA. Menteri Agama Suryadharma Ali, Selasa (28/9), membuka secara resmi konferensi zakat internasional, World Zakat Forum (WZF). Konfrensi yang melibatkan 200 peserta dari tujuh negara termasuk Indonesia ini mengangkat tema Peningkatan Peran Zakat untuk Peningkatan Kesejahteraan Ummat Melalui Jejaring Zakat Internasional. Rencananya, salah satu forum dunia yang membahas masalah perzakatan kontemporer tingkat dunia itu berlangsung hingga 2 Oktober mendatang dengan lokasi kegiatan terpusat di Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Suryadharma Ali mengungkapkan bahwa keberdaan peran yang akan dimainkan World Zakat Forum bukanlah sesuatu yang berdiri sendiri, tetapi menjadi wadah perhimpunan yang hadir sebagai patner baru di dalam garis orbit koordinasi dan kerjasama perhimpunan organisasi zakat berskala internasional yang telah berdiri sebelumnya dan mendapatkan rekomendasi OKI, yaitu International Zakat Organizations (IZO) yang dideklarasikan di Kuala Lumpur tahun 2006 dihadiri oleh Menteri Agama berbagai Negara.

Suryadharma Ali juga mengharapkan dengan adanya World Zakat Forum ini bisa meningkatkan performa dan kinerja organisasi zakat, baik dalam sisi penghimpunan maupun pendistribusian. “Peran zakat diharapkan mampu mengangkat harkat dan martabat fakir miskin yang pada intinya adalah perlindungan human security dan social security serta memperkuat syiar islam di setiap Negara,” harapnya.

Sementara itu, Dato’ Hasan Muhammad Idris, Chairmant IZO mengharapkan, zakat yang berhasil dikumpulkan oleh negara dengan masyarakat Islam yang besar diharapkan mampu mengimbangi usaha-usaha Yahudi yang memanfaatkan kemiskinan sosial di negara-negara berkembang untuk mencapai tujuan mereka.

Rumah Zakat salah satu LAZ yang turut berpartisipasi dalam WZF direncanakan akan mengisi materi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengelolaan dan Pemberdayaan Zakat. Materi tersebut akan disampaikan langsung oleh Rachmat Ari Kusumanto, CEO Rumah Zakat dalam sesi ke-3, Kamis (30/9) pukul 08.00 WIB.***

Newsroom/Muhammad Zahron
Regional Jawa Tengah

Tags :
Konfirmasi Donasi