MENUJU SENTRA TERNAK DOMBA, DESA BERDAYA BRINGIN ADAKAN PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK

MAGELANG. Jumat (23/11). Sehabis sholat Jum’at, masyarakat desa Bringin berkumpul di Rumah Inspirasi atas undangan dari Rumah Zakat untuk mengikuti pelatihan pembuatan pupuk organik yang sering disebut kompos.

Martini, selaku fasilitator Desa Berdaya Bringin mengharapkan kelak Desa Bringin bisa menjadi desa sentra domba yang berkualitas dan memiliki manajemen yang profesional. Bahkan Martini berharap kelak kotoran-kotoran dombapun bisa menghantarkan masyarakat Desa Bringin semakin berdaya.

Untuk itu Martini membuat program pelatihan pembuatan pupuk organik yang bahannya dari kotoran hewan. Pelatihan ini terlaksana atas kerjasama Rumah Zakat dengan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Srumbung yang menginduk dengan Dinas Pertanian kabupaten Magelang.

Bapak Mardani dan Bapak Irwan yang menjadi pemateri pelatihan tersebut berasal BPP. Keduanya adalah penyuluh pertanian lapangan yang berpengalaman dalam membimbing peserta pelatihan.

“Ini pelatihan yang sangat bagus mba, selain cocok dengan masyarakat desa Bringin yang mayoritas memiliki hewan ternak, pematerinya juga berpengalaman, jadi kami bener-bener dapat ilmu baru yang sangat bermanfaat.” ungkap Ibu Ayem, salah satu peserta pelatihan.

“Sangat hemat nih kompos buatan sendiri, biasanya kami beli mahal di toko pertanian, habis ini bisa bikin kompos sendiri, ternyata cara membuatnya mudah.” imbuh Ibu Nurdayati, peserta pelatihan lainnya.

Newsroom
Wimbo Abendhono/Abdullah Tsabit

Tags :
Konfirmasi Donasi