MISI KEMANUSIAAN RELAWAN RZ UNTUK PENGUNGSI SURIAH DI TURKI

misi-kemanusiaan-relawan-rz-untuk-pengungsi-suriah-di-turkiTURKI. Jumat (23/12) kemarin Relawan RZ akhirnya tiba di kota Kilis, Provinsi Gaziantep, Turki Selatan. daerah Ini merupakan camp pengungsi Suriah di kota Kilis, adapun yang tinggal di camp pengungsian ini merupakan warga Aleppo yang berhasil keluar dari Suriah dan mengungsi di Turki.

Saat Tiba di pengungsian Relawan RZ langsung menyapa anak-anak Suriah di camp pengungsi tersebut, anak-anak pengungsi pun menyambut Relawan dengan hangat dan antusias.”Bahagiaaa sekali rasanya melihat mereka bisa tersenyum bahkan tertawa seperti itu” ungkap Ria Arianti saat mendapatkan laporan terkait kegiatan yang dilakukan Relawan RZ dalam misi kemanusiaan Suriah.

Di camp kota Kilis ada sekitar 150.000 warga Suriah yang mengungsi sejak awal tragedi hingga saat ini. “150.000 itu berdasarkan catatan resmi, tapi bisa jadi jumlahnya lebih dari itu,” ujar herlan wiland ariansyah, Relawan RZ.

Selain Herlan, ada 2 orang Relawan, Wildan dan Pramudya yang juga ikut dalam misi kemanusiaan ini, meraka pun merupakan mahasiswa Taruna Juara binaan RZ, Wildan dan Pramudya berbincang dengan salah satu anak Suriah di camp pengungsi kota Kilis, Gaziantep. Utsman, dia berasal dari kota Idlib, Suriah. Kota Idlib itu salah satu kota yang mendapat serangan terparah setelah Aleppo. Di usianya yang ke 15, Utsman sudah hapal 2.5 juz Al-Qur’an.

Saat Relawan RZ datang, Utsman sedang asyik membuat Mozaik, yaitu kesenian mengolah batu atau bahan-bahan alam menjadi gambar atau barang seni lainnya. Dia sangat ingin menjadi seperti ayahnya, seorang ahli mozaik yang terkenal di Suriah. “Saya ingin mengajarkan cara membuat mozaik kepada anak-anak lain di sini. Karena ini sangat menyenangkan,” ujar Utsman. Saat ditanya apa harapan untuk negaranya, Suriah, Utsman menjawab, “Negara saya sangat indah, saya berharap negara saya bisa kembali damai. Sehingga saya bisa mewujudkan cita-cita menjadi ahli mozaik di negara saya sendiri, seperti Ayah.”ungkapnya

Dalam misi kemanusiaan kali ini RZ menyiapkan paket bantuan berupa makanan bayi, emergency food, baju hangat dan perlengkapan shelter. Paket bantuan ini siap dimobilisasi untuk pengungsi yang terus berdatangan dari Suriah ke Turki. “Diperkirakan akan ada lagi pengungsi yang datang dari Suriah ke perbatasan Turki. Kami berencana akan turut menyambut kedatangan mereka,” jelas herlan.

Newsroom/Lailatul Istikhomah
Turki

Tags :
Konfirmasi Donasi