MOBIL KLINIK SEHAT KELILING INDOSAT LAYANI 25.923 WARGA KALIMANTAN BARAT

PONTIANAK. Program Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat yang diselenggarakan oleh Rumah Zakat bekerja sama dengan PT. Indosat Tbk., diimplementasikan mulai desember 2008 sampai sekarang telah melayani 25.923 warga Kalimantan Barat. Program ini diselenggarakan secara reguler  atau berkelanjutan yaitu Kelurahan Sungai Belidak, Kelurahan Siantan Hilir, Kelurahan Banjar Serasan, Kelurahan Kuala Besar, Kelurahan Beliung dan Kelurahan Saigon. Selain diselenggarakan secara reguler, aksi Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat juga dilaksanakan secara Insidental di wilayah-wilayah yang ditentukan oleh PT Indosat Tbk. seperti di Senaning, sajingan, Sambas, Sinkawang, Sanggau, Entikong, Sanggau, Sintang Serta Putusibau.

Di hampir setiap pelaksanaan Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat, aksi diawali dengan pembukaan serta penyuluhan kesehatan yang disampaikan oleh dokter atau tenaga kesehatan lainnya, seperti bidan atau perawat. Materi penyuluhan yang disampaikan kepada peserta adalah tentang 10 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). PHBS adalah perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan dapat berperan aktif dalam kegiatan – kegiatan kesehatan di masyarakat. PHBS ini jumlahnya sangat banyak. Rumah Zakat berkonsentrasi memberikan penyuluhan 10 PHBS sesuai dengan kebijakan pemerintah. Setelah mengikuti penyuluhan, para pasien melakukan registrasi di bagian pendaftaran pasien, setelah pasien terdata pasien dipanggil untuk diperiksa tekanan darah oleh perawat, kemudian pasien yang diklarifikasikan berdasarkan tujuan berobat yaitu ke ruang dokter umum untuk pemeriksaan kesehatan umum, adapun untuk pemeriksaan kehamilan dilaksanakan di Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat karena alat USG diposisikan di dalam mobil. Setelah pasien melaksanakan pemeriksaan, pasien menuju ruang pengambilan obat untuk mengambil obat sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter.

Kegiatan yang dilaksanakan pada program ini berupa pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan USG, penimbangan dan pemberikan makanan tambahan serta penyuluhan kesehatan. Di setiap aksi pelayanan kesehatan ini rata-rata melibatkan 10 personil yang terdiri dari 1 orang koordinator lapangan, 2 orang dokter umum, 2 orang Apoteker, 2 orang perawat, 2 orang relawan, dan 1 orang driver Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat. Dalam dua tahun, Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat melayani 5283 balita, 5235 anak-anak, 2860 laki-laki, 6937 perempuan, dan 5608 lansia. Dalam setiap aksi, balita dan anak-anak mendapatkan pelayanan kesehatan, pemeriksaan tumbuh kembang, dan pemberian makanan tambahan. Pasien laki-laki, perempuan, dan lansia mendapatkan pelayanan dan penyuluhan kesehatan. Khusus bagi ibu hamil, Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat memberikan pelayanan USG gratis dan pemeriksaan kehamilan. Inilah yang mengantarkan Indosat mendapatkan MDGs Award dengan tajuk Improve Maternal Health.

Dalam salah satu pelayanan kesehatan, Heni (25), seorang ibu rumah tangga dari Siantar Hilir mengungkap, “Terima kasih Indosat dan Rumah Zakat, senang dengan adanya Posyandu dan makanan tambahan, saya merasa diberikan pelayanan sangat terbaik dalam kesehatan. Selama pemantauan ini sudah 9 bulan saya tetap ikut kegiatan ini. Saya merasa nyaman dengan adanya kegiatan dan program ini. Anak saya terasa terjaga dari penyakit”. Selain itu, Endo (11) yang membawa adiknya ke tempat pelayanan kesehatan Mobil Klinik berujar, “Senang saya dapat membawa adik saya untuk mendapatkan makanan tambahan”. Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat ini menjadi salah satu solusi akses kesehatan masyarakat yang masih jauh dari jangkauan masyarakat pedalaman. “Pelayanan kesehatan bagi anak-anak, dewasa, ibu hamil, dan lansia akan kami pertahankan. Namun, kami akan berusaha meningkatkan pelayanan pada bagian promotif, seperti memperbanyak edukasi kepada masyarakat tentang manfaat perilaku hidup sehat agar masyarakat yang berbudaya sehat dapat segera terwujud,” ujar Adi Nurdiansyah, Branch Manager Rumah Zakat Cabang Pontianak.***
Newsroom/Asrul Putra Nanda
Pontianak

Tags :
Konfirmasi Donasi