OTS JADI PUSAT PEMBERDAYAAN WARGA SENGON, KLATEN

OTS JADI PUSAT PEMBERDAYAAN WARGA SENGON, PRAMBANANKLATEN. Suasana Sabtu malam kemarin (8/4) di Desa Sengon, Klaten, Jawa Tengah kali ini terasa berbeda. Sejak bada Isya, warga mulai ramai berkumpul di pelataran sebuah rumah yang berlabel Omah Tiyang Sengon (OTS) atau dalam bahasa Indonesia disebut Rumah Orang Sengon.

“Malam ini, kami akan meresmikan Omah Tiyang Sengon sebagai pusat berbagai aktivitas warga Sengon. Sebelumnya, bangunan ini bernama Omah Tiyang Sepuh atau Rumah Orang Tua yang diperuntukkan untuk tempat berkumpul para lansia, namun atas masukan dari warga dan untuk meningkatkan nilai manfaatnya, kami merubahnya menjadi Omah Tiyang Sengon atau Rumah Orang Sengon. Jadi baik para lansia, anak muda, ibu-ibu dan seluruh warga Sengon, dapat memanfaatkan tempat ini untuk berbagi aktivitas positif,” jelas Rahmad Widodo, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat untuk Desa Sengon.

Acara peresmian OTS ini dihadiri oleh Anggota DPRD Klaten, Budi Raharjo; Perwakilan Dinas Kesehatan, Bidan Faridha; dan Kepala Desa Sengon, Agus Sumaryono.

“Program OTS sangat bagus, dan saya merasa sangat bangga atas inisiatif warga untuk mendirikan tempat berkumpul seperti ini. Sebenarnya, ini bukan OTS yang pertama, di 3 RW lainnya pun sudah didirikan OTS atas inisiatif Mas Dodo (panggilan Rahmad Widodo) bersama warga. Jadi, ini adalah yang ke-4. Saya berharap, program OTS akan diinisiasi juga di seluruh RW di Desa Sengon,pemerintah Desa Sengon siap mendukung program OTS,” ungkap Kepala Desa Sengon, Agus Sumaryono.

Selain sebagai tempat berkumpul, OTS juga akan menjadi pusat kegiatan pemberdayaan di Desa Sengon. Di sana akan dihadirkan berbagai program pemberdayaan, seperti Pos Kesehatan Lansia, Taman Pembibitan Melon dan Perpustakaan Mini.

“Dulu warga Desa Sengon memang sulit kumpul bersama, sehingga sering muncul masalah kesenjangan antar warga. Dengan adanya OTS ini diharapkan warga jadi semakin dekat satu sama lain dan semakin bersatu. Apalagi OTS ini juga dilengkapi dengan fasilitas Wifi gratis, jadi anak-anak muda yang senang berselancar di dunia maya pun bisa berkumpul di sini,” tutur Widodo.

Newsrom/Ria Arianti
Klaten

Tags :
Konfirmasi Donasi