PANEN PERDANA BUDIDAYA LELE MEMBER BINAAN RUMAH ZAKAT

MALANG. Salah satu pemberdayaan di Desa Berdaya Sukodadi adalah pemberdayaan budidaya ikan lele. Pak Hari warga RT.5 RW.2 Dusun Jamuran Desa Sukodadi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang, member binaan dari program ini di dampingi langsung oleh Fasilitator Rumah Zakat dalam menggembangkan budidaya ikan lele dengan sistem bioflok.

Satriyo Yulianto, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat menuturkan Sistem bioflok merupakan salah satu cara memelihara ikan lele dengan menambahkan vitamin probiotik ke dalam kolam.

“Sistem bioflok digunakan agar dapat menghemat penggunaan air dan menambah nafsu makan pada ikan sehingga pertumbuhan ikan lele akan semakin cepat” ujar Yulianto.

Ahad (14/01) panen perdana Budidaya lele Pak Hari dilakukan setelah masa pemeliharaan lele kurang lebih 2,5 bulan.

“Alhamdulilah, saat dipanen ikan lele berukuran antara 1,5 sampai 2 ons per ekor, Terimakasih atas bantuan modal dan bimbingan yang dilakukan Rumah Zakat” kata Hari.

Tidak hanya bantuan modal usaha saja yang diberikan kepada member binaan namun sekaligus membimbing dan mendampingi setiap proses budidaya Ikan Lele dari sejak persiapan bahan, pemeliharaan, masa panen sampai membantu mencarikan pangsa pasar pasca panen.

Newsroom / Lailatul Istikhomah
Malang

Tags :
Konfirmasi Donasi