PANEN PERDANA KEBUN GIZI MEMBAWA KEBAHAGIAAN BAGI WARGA

Ibu-ibu pegelola Kebun Gizi binaan Rumah Zakat melaksanakan panen perdana berupa tanaman pokcoy.

BANYUMAS, RUMAH ZAKAT- Salah satu kebun gizi program ketahanan pangan Rumah Zakat yang berlokasi di Desa Pageraji, Banyumas untuk pertama kalinya melaksanakan panen pada Minggu (06/09). Panen dilakukan oleh pengelola kebun gizi perwakilan jama’ah Majelis Ta’lim Muslimah At-Taqwa serta disaksikan perwakilan takmir masjid dan didampingi oleh Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat.

Semangat dan bahagia terlihat pada wajah ibu-ibu yang hendak panen. Kebun yang berumur kurang lebih 1 bulan sejak mulai dikelola tanggal 24 Juli 2020 kini menampakkan hasilnya.

Hasil usaha dan ketekunan kini berwujud tumbuh berupa sayuran pokcoy yang siap dikonsumsi. Menurut Fasilitator Desa Berdaya Desa Pageraji, pada panen pertama ini terdapat beberapa hal yang harus dievaluasi.

“Alhamdulillah panen ini menjadi obat lelah dan bungah saya terutama ibu-ibu pengelola meski hasilnya belum maksimal. Sayur pokcoy yang dipanen ada yang besar ada yang kecil, dengan panen pertama ini kami belajar dan mengevaluasi kekurangan dan kelebihan dalam pengelolaan kebun. Di kebun selain sayur pokcoy masih ada kacang panjang dan cabai yang masih menunggu masa panen, semoga hasilnya lebih memuaskan,” ungkap Atqol Atqiya selaku Fasilitator Rumah Zakat.

Hasil panen tersebut dibagikan kepada ibu-ibu majelis ta’lim. Seperti tujuan awal pembentukan Kebun Gizi adalah untuk mendukung ketahanan pangan masyarakat.

Newsroom

Aris Bandiantoro/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia