PANEN PERDANA KEBUN GIZI RUMAH ZAKAT DESA BERDAYA TANJUNGSARI

BEKASI. Sabtu (11/08) Tak terasa, Kebun Gizi Rumah Zakat untuk tanaman Caesin di kebun Bang Umar yang berlokasi di RT05/02 Kp Kaliulu, Tanjungsari, Cikarang Utara, Bekasi, telah memasuki masa panen perdana.

S ekdes Tanjungsari, Rojali, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kab Bekasi, Ibu Ima dan Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) Kab Bekasi,
Syamsuri, ikut hadir menyaksikan panen perdana yang berlangsung Sabtu (11/08) siang.

Dari sebanyak 2 petak area tanam, dihasilkan tak kurang dari 40 Kg cesin segar yang siap jual. Menurut Umar, panen perdana ini dianggapnya kurang berhasil, pertumbuhan cesin terhambat karena adanya hama pacet.

“Ini termasuk kurang berhasil pak, karena adanya hama pacet, sehingga pertumbuhan sayuran kurang maksimal,” kata Umar.

Penanggualangan hama untuk periode tanam berikutnya sudah disiapkan dengan antisipasi penyiraman lahan menggunakan rendaman daun tembakau, sebagaimana arahan dari PPS dan PPL.

“Sebaiknya gunakan bahan-bahan alami, gunakan pestisida nabati dengan daun tembakau,” pesan dari Bu Ima dari PPL Kab. Bekasi.

Kebun Gizi Rumah Zakat di RT05/02 ini akan dijadikan sebagai central hasil kebun cesin, untuk penjualan Bang Umar mengaku sudah tidak ada kesulitan, karena di sekitarnya banyak warga yang membutuhkan sayuran, tukang mie ayam dan ada juga para pemborong cesin.

Newsroom
Khan / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi