PANEN RAYA SERENTAK DI 3 DESA BERDAYA

Jaga ketahanan pangan di masa pandemi, petani di 3 desa berdaya adakan panen raya serentak, Kamis (23/4). (Foto: Rumah Zakat)

BANYUMAS, Rumah Zakat – Kebutuhan pangan dimasa pandemi Covid-19 ini sangatlah besar. Komoditas pertaninan menjadi aspek yang sangat penting untuk menunjang kebutuhan pangan.

Beruntung dimasa pandemi seperti sekarang ini, beberapa desa berdaya binaan Rumah Zakat bisa mengadakan panen raya. Seperti yang terjadi di Desa Berdaya Glempang Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Jawa tengah, Kamis (23/4). Kelompok Tani Langgeng yang diketuai oleh Sakimin kebetulan sedang mengadakan panen.

“Bulan april ini kita sedang panen di sawah sebelah barat desa yang memiliki luas 30 hektar dari total luas 112 hektar lahan sawah di Glempang, dengan potensi hasil panen sebanyak 180 ton gabah,” kata Sukimin.

Jenis padi yang ditanam di Desa Berdaya Glempang adalah jenis IR 64 yang sudah banyak dikembangkan di Banyumas. Jenis ini memiliki keunggulan VUTW/Varietas Unggul Tahan Wereng, nasinya pulen dan lebih banyak terserap pasar karena harganya terjangkau.

Panen Raya serentak ini juga dilaksanakan di Desa Berdaya lain seperti di Banyuwangi dan Indramayu.

Newsroom

Aris Bandiantoro/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia