PAPARAN DESA BERDAYA RUMAH ZAKAT DI 6TH INTERNATIONAL CONFERENCE ON SUSTAINABLE DEVELOPMENT 2018 (ICSD)

ROMA – ITALIA. 12 -13 September 2018 CEO Rumah Zakat Nur Effendi dan Direktur Pusat Kajian Rumah Zakat Bagus Aryo hadir dalam 6th International Conference on Sustainable Development 2018 (ICSD) di Roma Eventi, Piazza della Pilotta, 4 Roma, Italia yang diseleggarakan oleh European Center of Sustainable Development.

Dalam konferensi internasional ini Rumah Zakat mendapatkan kesempatan menjadi pembicara untuk mengulas Paper dengan judul “Integrated Community Development to Alleviate Poverty and Social Problems: Case Study of Desa Berdaya (Empowered Village) Rumah Zakat” (Pengembangan Masyarakat Terpadu untuk mengentaskan kemiskinan dan masalah sosial: studi kasus di Desa Berdaya Rumah Zakat). Paper tersebut di presentasikan oleh Bagus Aryo dihadapan 120 delegasi dari 50 negara.

Dalam paparannya, Bagus menjelaskan peran pemberdayaan yang dilakukan melalui intervensi program yang terdiri dari program pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan serta mitigasi bencana memberikan dampak positif terhadap kemajuan masyarakat di Desa Berdaya.

“Pemberdayaan terintegrasi yang dilakukan Rumah Zakat di Desa Berdaya memiliki kontribusi terhadap Sustainable Development Goals terutama dalam goals no 1. no poverty, goals no 2. good health and welfare, goals no 3. Quality Education dan goals no 6. clean water and sanitation” paparnya dalam konferensi tersebut.

Dalam kesimpulannya , Bagus menjelaskan bahwa bukti dari inisiatif pengembangan masyarakat terpadu (Desa Berdaya) mengungkapkan bahwa ide dan proyek yang muncul dari masyarakat secara keseluruhan memiliki potensi yang lebih tinggi untuk diimplementasikan. Proses partisipatif dalam program ini sangat
berkontribusi pada peningkatan kapasitas masyarakat, pemberdayaan ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.

“Pengembangan masyarakat terpadu ini juga mengurangi masalah sosial dan kemiskinan dan memenuhi beberapa tujuan SDGs, selain itu perubahan sistemik terlihat dan muncul di beberapa program Desa Berdaya. Ini menunjukkan perubahan positif dan selaras dengan penerima manfaat Desa Berdaya yang sebenarnya orang miskin,” ujarnya.

Sementara itu, Nur Efendi menilai kesempatan ini menjadi kesempatan baik bagi Rumah Zakat untuk menunjukan kepada dunia internasional bahwa intervensi yang dilakukan dengan cara yang tepat, bisa memberikan dampak berkelanjutan bagi masyarakat khususnya di desa.

“Alhamdulilah, bisa menunjukan hasil kerja kita bersama di kancah internasional, tentu saja ini merupakan hasil kontribusi dan kolaborasi dari kita semua” ujarnya.

Newsroom

Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi