PAPARAN RUMAH ZAKAT DI INTERNATIONAL CONFERENCE FORUM, HAT YAI, THAILAND

THAILAND. Salah satu arahan strategi nasional Kementrian Kesehatan dalam program Indonesia Sehat yaitu penguatan layanan kesehatan. Penguatan layanan kesehatan meliputi peningkatan akses terutama Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Peningkatan Mutu layanan, Penerapan pendekatan continuum of care dan lain sebagainya. Dalam penyelenggaraan peningkatan fasilitas kesehatan perlu kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan civil social organization (CSO).

Rumah Zakat merupakan salah satu CSO yang turut sinergi dalam pembangunan kesehatan melalui pendirian klinik pratama sebagai perwujudan dana Zakat Infaq dan Sodaqah (ZIS) . Dari 9 Klinik Pratama Rumah Zakat yang ada di 9 Kota di Indonesia, beberapa
diantaranya sudah bermitra dengan BPJS dalam penyelenggaraan layanan.

Peran lembaga philantropi Rumah Zakat dalam pembangunan kesehatan masyarakat di Indonesia semakin diakui melalui undangan untuk melakukan pemaparan makalah di kegiatan International Conference Forum dengan tema “Integrated Health System and Policy for Sustainable Development Goal”. Acara ini diadakan tanggal 20-21 Juli 2017 di Prince of Songkla University, Hat Yai, Thailand.

Dalam kesempatan international conference tersebut, Dwi Endah MPH selaku Senior Manager Cita Sehat Foundation sebagai mitra implementator Rumah Zakat memaparkan makalah mengenai kontribusi Rumah Zakat sebagai lembaga Philantropi dalam menyelenggarakan klinik pratama gratis untuk masyarakat
miskin di Indonesia.

Dwi Endahpun mejelaskan bahwa makalah yang ia presentasikan berisi mengenai bagaimana Klinik Pratama Rumah Zakat yang sudah rata-rata diatas 10 tahun melakukan pelayanan di masyarakat khususnya untuk masyarakat tidak mampu, dampak layanan kepada penerima manfaat serta pembelajaran dalam penyelenggaraan layanan.

“Alhamdulilah, saya berkesempatan mewakili Rumah Zakat bisa bergabung di Conference Forum ini, acara ini ditujukan sebagai ajang berbagi informasi, pengetahuan dan pengalaman, harapannya juga bisa sekaligus membangun jaringan antara akademisi, stakeholder, penyelenggara unit layanan, maupun membuka peluang untuk kemitraan antar lembaga donor diberbagai Negara khususnya di kawasan Asia” tambahnya.

Nurul Rahayu
Thailad

Tags :
Konfirmasi Donasi