PEDULI MASYARAKAT KECIL, RELAWAN RZ MAKASSAR TURUN KE DUSUN TERPENCIL

RZ LDKO CilegonMAKASSAR. Kepedulian terhadap masyarakat kecil di Dusun Bangkengbatu Desa Pao Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa, ditunjukkan oleh Relawan RZ Makassar melalui ekspedisi bakti sosial dari tanggal 23 sampai 26 Oktober 2014, dengan mengusung tema Ekspedisi Bhakti Relawan Nusantara, Tiada Henti Untuk Berbagi!

Dalam ekspedisi bakti yang memakan waktu tempuh enam jam yang masing-masing empat jam dengan kendaraan roda empat dan dua jam dengan berjalan kaki menyembrangi bukit tersebut, para relawan mengadakan berbagai macam program selama empat hari yang disambut baik oleh seluruh warga dusun.

Hari pertama diisi dengan melakukan silaturrahmi kepada kepala dusun dan masyarakat sekitar. Kemudian melaksanakan pogram-program keesokan harinya selama tiga hari yaitu kunjungan ke SD Inpres Bangkengbatu yang jumlah kelasnya hanya dua untuk 88 siswa dan empat pengajar, mengadakan perpustakaan mini untuk sekolah tersebut dengan harapan agar seluruh siswa dan pengajar semakin bersemangat ke sekolah dan belajar. Membersihkan, memperbaiki dan mengecat salah satu masjid yang tiap sorenya pun digunakan para relawan untuk memberi bimbingan TPA bagi anak-anak sekitar. Program lainnya pun berjalan baik seperti senam bersama para siswa dan warga, penyuluhan bagi anak-anak untuk menjaga kesehatan dengan cara mencuci tangan dan menyikat gigi yang baik dan benar, PMT atau Pemberian Makanan Tambahan untuk anak-anak, pemeriksaan kesehatan bagi warga sekitar lewat tes gula darah, asam urat dan golongan darah, serta kunjungan ke salah satu warga jompo yang memiliki keterbatasan melihat dan mendengar.

Beragam lomba seperti Rangking 1, menghafalkan isi teks Pancasila, membuat celengan unik dari botol kemasan bekas untuk kategori anak-anak, mengolah makanan dengan bahan dasar kornet untuk kategori ibu-ibu, lari karung untuk kategori umum, serta lomba-lomba lainnya pun sukses terlaksana dan meriah. Terakhir para relawan membagi-bagikan Kornet Superqurban, sabun mandi, sikat gigi dan odol kepada seluruh masyarakat Dusun Bangkengbatu.

“Ekspedisi bakti kali ini kami laksanakan di Dusun Bangkengbatu karena lokasinya begitu terpencil dengan akses transportasi dan listrik yang sangat terbatas. Juga fasilitas umum seperti sekolah yang terbilang belum layak dan fasilitas kesehatan yang belum ada. Bahkan murid-murid SDnya pun belum tahu isi teks Pancasila sama sekali. Meski kami harus menahan dan melawan suhu udaranya yang sangat dingin,tapi kami begitu bersyukur dan berterima kasih atas partisipasi dan apresiasi masyarakatnya yang sungguh luar biasa. Kami senang dan berharap dapat kembali untuk berbagi kebaikan di Dusun Bangkengbatu, begitu pun di tempat lainnya.” Jelas Battiar selaku Koordinator Relawan RZ Makassar.***

Newsroom/Relawan RZ
Makassar

Tags :
Konfirmasi Donasi