PEKAN BERBAGI SENYUM: AKU SEORANG PELAUT!

PEKAN BERBAGI SENYUM AKU SEORANG PELAUT!SEMARANG. (11/08) Kegiatan Pekan Berbagi Senyum (PBS) kembali mewarnai aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar SD Juara Semarang. Kegiatan yang dirancang oleh RZ ini bertujuan untuk memantik semangat berbagi setiap orang yang memiliki skill dan keahlian kepada penerima manfaat RZ. Siswa Juara yang notabenenya merupakan penerima manfaat RZ, menjadi fokus objek kegiatan Pekan Berbagi Senyum ini.

Siswa kelas 6 menjadi rumah singgahan bagi bapak Sapto untuk berbagi ilmu dan pengetahuan tentang ilmu pelayaran dasar. Dengan pakaian dinas khas pelaut dan postur tubuh yang mumpuni semakin menjelaskan bahwa bapak Sapto adalah seorang pelaut yang handal.

Saat beliau mulai menyampaikan materi tentang kelautan dan pelayaran, banyak siswa kelas 6 yang terinspirasi untuk menjadi seorang pelaut. Suka – duka beliau alami, dari mulai cuaca ekstrim sampai berminggu-minggu tidak menemukan nasi selama ekspedisi.

Beliau juga mengajarkan teori dasar kelautan dan pelayaran seperti arah mata angin, jenis gelombang sampai peralatan keselamatan yang harus selalu siap – sedia selama melakukan ekspedisi. Kegiatan semakin menarik bagi siswa ketika narasumber meminta siswa untuk mendemontrasikan beberapa keadaan di dalam kapal saat kedaan sedang genting atau bahaya.

Kegiatan dengan durasi waktu 2 jam pelajaran itu masih dirasa kurang oleh para siswa. Banyak dari siswa yang meminta beliau untuk bisa menjadi guru tamu pada PBS di episode berikutnya.

“Terima kasih atas ilmu dan pengalaman yang diberikan kepada kami, semoga bisa berbagi bersama kami di lain waktu dan kesempatan”. Ucap salah satu siswa di akhir kegiatan.

Newsroom/Muhammad Zainal
Semarang

Tags :
Konfirmasi Donasi