PELATIHAN MEMBUAT KERUPUK LELE ALA RUMAH ZAKAT PADANG

PADANG. Ternyata lele bisa diolah menjadi makanan sejenis yang sudah punya nama seperti kerupuk udang. Pengolahannya pun sederhana dengan biaya murah. Ide ini muncul di benak Micro Bussines Officer, Donny Hendra. Ide ini muncu tentu dengan mengukur kemampuan member KUKMI Rumah Zakat Padang.

Kelompok Usaha Kecil Mandiri (KUKMI) Rumah Zakat Padang yang dikomandoi oleh Donny Hendra memilih November sebagai bulan pelatihan. pada bulan ini dilaksanakan pelatihan mengolah ikan lele menjadi kerupuk ikan lele. Kegiatan ini dilaksanakan dua kali sepekan di Integrated Community Development (ICD) Padang Utara.

Bahan yang digunakan selain daging ikan lele segar tanpa kulit tak jauh berbeda dengan bahan membuat kerupuk udang. Harga ikan lele yang jauh lebih murah dari udang membuat produksi kerupuk ini lebih ringan dikantong para pengrajin kerupuk pemula.

Selain produksi, tantangan berikutnya adalah pengemasan dan pemasaran. Pemasaran agar kerupuk tahan lama dengan packaging yang menggugah selera pembeli. Selain itu mencari modal untuk pembiayaan produksi kerupuk ini dalam jumlah stabil juga masih menjadi tantangan. Sudah ada mitra KUKMI kita yang biasa menampung produk-produk KUKMI. Namun, masih pembiayaan modal peserta KUKMI masih menjadi tantangan besar.

Newsroom/Miralyn Afrini
Padang

Tags :
Konfirmasi Donasi