PELATIHAN TATA BOGA UNTUK TUNA NETRA

DEPOK. Awal Oktober 2011 lalu 6 orang dari member ITMI (Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia) datang ke Empowering Centre cabang Depok untuk mengajukan permohonan untuk dilatih tataboga oleh Rumah Zakat cabang Depok. Selama ini mereka mengeluhkan selalu membeli makanan matang untuk kebutuhan makan mereka, dengan keterbatasan yang mereka miliki dan kondisi ekonomi yang juga terbatas membuat mereka menjadi semakin tidak berdaya.

Melihat kesungguhan mereka, Rumah Zakat cabang Depok membantu menyediakan tempat dan sedikit dana guna membeli bahan-bahan makanan untuk diolah. Kebetulan ada seorang istri dari Ketua ITMI (Widi) mengajukan diri siap untuk membantu mengajar. Kemudian dimulailah pelatihan tersebut. Dari pertemuan pertama Sabtu (15/10) terlihat beberapa peserta pelatihan memotong beberapa bumbu begitu cekatan walau diajarkan beberapa saat sebelumnya. Tenyata walaupun memiliki keterbatasan penglihatan, peserta pelatihan diberikan kelebihan di beberapa indera yang lain seperti peraba, pendengaran, dan penciuman.

Tidak terlihat kesulitan bagi mereka untuk memasak dengan keterbatasan mereka, bahkan di akhir pelatihan mereka mampu menyajikan makanan dengan rasa yang tak kalah dengan orang normal lainnya. Bahkan beberapa rekan lain memuji rasa masakannya. Hingga kini sudah 2 pelatihan yang telah dilaksanakan diharapkan terus berlanjut hingga pertemuan yang kesepuluh dengan aneka sajian makanan. ***

Newsroom/Yan Ade Tirta
Depok

Tags :
Konfirmasi Donasi