PEMBERDAYAAN BERKELANJUTAN MELALUI PROGRAM PETERNAK BERDAYA

JEMBER (15/09). Yayasan Al Maghfiroh BPJS Ketenagakerjaan mitra Rumah Zakat kembali memberikan bantuan wirausaha kepada warga di desa Suci. Kali ini bantuan direalisasikan dalam program Peternak Berdaya. Bapak Jarot dan Bapak Sutrisno, yang tergabung dalam kelompok ternak Harapan Barokah mendapatkan bantuan indukan
kambing untuk dikembang biakkan.

Hasil anakan akan menjadi milik pemelihara dan 25% dari harga jualnya akan diberikan sebagai kontribusi untuk kas kelompok. Indukan kambing yang sudah beranak akan digulirkan kepada anggota lain setelah anakan tersebut bisa disapih. Perguliran ini dilakukan berdasar sistem kocokan sampai semua anggota mendapatkan giliran pemeliharaan.

“Skema ini diharapkan bisa memberdayakan lebih banyak peternak, sehingga pemberdayaan yang dilakukan sifatnya berkepanjangan” ujar Fasilitator Rumah Zakat, Eriek Mustaqim.

Anggota Ternak Barokah kini beranggotakan 12 orang yang merupakan warga RT 03 RW 01, dusun Glundengan, di antara anggotanya adalah bapak yang berusia lanjut agar bisa tetap produktif dengan memelihara kambing, atau warga yang memiliki kandang tapi tidak memiliki kambing.

“Harapannya hal ini dapat terus bergulir sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh banyak orang dan aset kelompok akan terus berkembang” tambah Eriek.

Newsroom
Dani Suhardi / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi