PEMBERDAYAAN DI KAKI GUNUNG MERAPI

SEMARANG. Enam bulan lalu melalui dana terkumpul dari donatur retail Semarang dengan akad bantuan merapi, telah tersalurkan melalui program Kelompok Usaha Kecil Mandiri (KUKMI), desa penyalurannya adalah desa Sawangan Magelang Jawa Tengah.

Ada 6 orang penerima manfaat, kesemuanya digunakan untuk menanam kembali sawah mereka yang tanamannya mati karena diselimuti oleh abu vulkanik Gunung Merapi. Dari bantuan yang diberikan Rumah Zakat, mereka gunakan untuk menanami sawahnya dengan tanaman cabai dan sayur-sayuran.

Enam bulan berselang panenpun tiba, ketika panen harga cabai pada kisaran Rp60ribu-Rp70ribu per-kilo. Yang membuat mereka kembali bernafas lega dan bisa menanami kembali sawahnya dengan tanaman yang baru, bahkan ada diantara mereka yang bisa membeli sepeda motor.

Untuk projek ke dua pemberdayaan di desa tersebut akan dialihkan pada bidang peternakan, yaitu bantuan pengadaan mesin penetas telur bebek, dan penggemukan kambing. Semoga bantuan yang diberikan ini akan memberikan semangat kepada mereka untuk lebih berdaya dan memberdayakan. ***

Newsroom/Kurnia Ariffianto
Semarang

Tags :
Konfirmasi Donasi