PEMBERDAYAAN MASYARAKAT INDRAMAYU ALA RELAWAN INSPIRASI

RZ LDKO CilegonINDRAMAYU. Balai dusun Tegal Bedug, Desa Tamansari, Lelea, Indramayu, yang biasanya diisi oleh satu-dua orang perangkat desa, tiba-tiba ramai dan riuh rendah oleh puluhan ibu-ibu yang beberapa diantaranya sudah renta. Diantara mereka ada juga bapak-bapak, yang juga sudah tidak muda lagi. Mereka terlihat mengantri secara tertib.

Senin (12/01) mereka diundang oleh RZ untuk sebuah acara sosial, berupa pengobatan gratis yang bertajuk Siaga Sehat. Relawan RZ, yang disebut dengan Relawan Inspirasi, telah mengoordinasikan kegiatan tersebut dengan beberapa pihak terkait. Alhasil, kegiatan itu dibantu oleh dua orang dokter, dua petugas paramedis, dua depo obat, satu petugas rekam medik, satu penyuluh kesehatan, dan enam relawan.

“Siaga Sehat merupakan rangkaian pemberdayaan masyarakat dari RZ,” ungkap Relawan Inspirasi yang bertugas di Indramayu, Mohamad Toha.

Ia menambahkan, sebelumnya sudah ada kegiatan pendahuluan. seperti pembangunan toilet umum dan beberapa bakti sosial. Menurutnya, sambutan warga di setiap agenda RZ sangat baik.

“Sekarang RZ sedang memantau beberapa usaha kecil milik warga setempat untuk diberi penguatan modal,” ungkap Toha.

Salah satu usaha yang pernah menjadi unggulan, ungkap Toha, adalah usaha kerajinan gitar mini milik Rastika. Pengrajin ini pernah bekerja sama dengan pemilik brand di Inggris.

Toha juga mengungkapkan, tidak menutup kemungkinan jika usaha tersebut mampu menarik banyak tenaga kerja, maka RZ pun akan membantu. Apalagi, tambahnya, usaha yang dijalankan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Base Aur ini pernah mendulang masa jaya dan banyak sisi positif yang bermanfaat bagi pemuda di sekitarnya.

“Sayangnya, usaha ini sedang mengalami masa surut. Harapannya, RZ pun bisa membantu,” harap Toha.

Program RZ, dengan tajuk Relawan Inspirasi ini, masih akan berlangsung hingga dua bulan ke depan. Toha mengakui bahwa persoalan pemberdayaan tidak hanya masalah mengucurkan bantuan, tapi bagaimana mengubah pola hidup dan pola pikir masayarakat. Dan, tambahnya, itu butuh waktu yang tidak sebentar.***

Sumber : http://www.cuplik.com/humaniora/2013/12/27/9452/Pemberdayaan-Masyarakat-Ala-Relawan-Rumah-Zakat.html

Tags :
Konfirmasi Donasi