PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUMMAS BERDAYA DI DESA BERDAYA CIPONDOK

KAB.KUNINGAN. (29/09) Di Desa Berdaya Cipondok Kec.Cibingbin Kab.Kuningan Jawa Barat, Rumah Zakat meluncurkan berbagai program pemberdayaan salah satunya melalui pembentukan Badan Usaha Milik Masyarakat Berdaya (Bummas). Pembentukan Bummas ini berawal dari KUBE (Kelompok Usaha Bersama) yand diinisiasi oleh Fasilitator Desa Berdaya, Mayasyaroh.

Bummas yang baru dibentuk Agustus lalu ini memeiliki berbagai kegiatan diantaranya Simpanan Modal UKM, Arisan kelompok, Pendampingan UKM mulai dari produksi, packing, hingga pemasaran dan Bank Sampah Mandiri . Kian hari Bummas Berdaya ini semakin menunjukan perkembangannya, salah satu perkembangannya adalah menjalin kerjasama dengan Perusahaan Markisaku untuk kebun markisa Merah di Desa Berdaya.

“Dari Kerjasama dengan perusahaan Markisaku ini kami memberdayakan warga agar menanam markisa merah yang nantinya akan dibeli oleh perusahaan dan diolah menjadi Syrop oleh – oleh khas Kuningan” tutur Mayasyaroh.

Dalam pengelolan Bank Sampah, Bummas Berdaya juga menjalin kerjasama dengan Bumdes Amar Jaya Babakan Reuma yang merupakan salah satu Bumdes sukses di Kuningan. Dalam kerjasama ini Bumdes Amar Jaya akan membeli sampah dari Bank sampah mandiri dan juga akan mendampingi tata kelola Bank Sampah.

“Bumdes Amar Jaya itu sudah menerapkan sistem yang baik dalam pengelolaan Bank Sampah ini, jadi warga cukup menyetor sampah hasil nya dan hasil sampah tersebut bisa ditabung untuk transaksi keuangan seperti bayar listrik, beli pulsa, dan iuran BPJS kesehatan. Sehingga Bank Sampah Mandiri kedepannya bisa seperti ini” kata Mayasyaroh.

Mayasyaroh menambahkan bahwa semangat berkarya untuk negeri memang perlu niat yang cukup kuat, dengan kegiatan ini diharapkan semakin mendekatkan Bummas Berdaya untuk mencapai Kesuksesan nya Memberdayakan Masyarakat.

Newsroom
Muhtadin / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi