PEMBINAAN TPQ AL-QURAN AL-ZAKIYAH

PEMBINAAN TPQ AL-QURAN AL-ZAKIYAHBANJARNEGARA. (19/05). Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) adalah lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan non formal Agama Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca dan menulis Al Qur’an sejak usia dini. Selain itu, untuk memberikan pemahaman dasar Dinul Islam pada anak-anak sejak di bangku TK, Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah.

TPQ mempunyai tujuan  untuk menyiapkan anak didik dan santrinya agar menjadi generasi yang qur’ani yaitu, generasi yang mencintai Al-quran, komitmen dengan Al-qur’an dan menjadikan Al-qur’an sebagai bacaan dan pandangan hidup sehari-hari.

Salah satu TPQ yang berfokus untuk menciptakan generasi qurani salah satunya adalah TPQ Al-Zakiyah Desa Somawangi, tepatnya di Masjid Al-Furqon RT 002/006 Desa Somawangi, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara. TPQ Al-Zakiyah telah berdiri sejak tahun 2014 dengan jumlah santri sekitar 60 orang.

TPQ Al-Zakiyah telah menjadi binaan Rumah Zakat dalam program Desa Berdaya mulai dari tahun 2016. Bersama Relawan Inspirasi Rumah Zakat, TPQ Al Zakiyah terus berupaya mendidik dan membimbing generasi penerus Islam menjadi generasi yang qur’ani.

Pengurus TPQ Al-Zakiyah menargetkan kurang lebih selama satu tahun ke depan, anak didiknya sudah mempunyai kemmapuan yang mumpuni, sehingga bisa berkompetisi dengan TPQ lainnya.

Untuk tercapainya target tersebut, pengurus TPQ Al-Zakiyah membuat kurikulum, diantaranya mengenai membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid, melakukan shalat dengan baik dan terbiasa hidup dalam suasana yang Islami. Hafal beberapa surat pendek, ayat-ayat pilihan dan doa sehari-hari dan Menulis huruf Al-Qur’an.

Newsroom/Dian Ekawati

Banjarnegara

Tags :
Konfirmasi Donasi