PENGARUH KAWAN DALAM MEMBENTUK PRILAKU DAN KARAKTER

Oleh: Ahmad Lubis

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa pola pembentukan perilaku manusia berawal dari terbentuknya pikiran, yang
kemudian dikirimkan ke otak untuk di proses sebelum kemudian direpresentasikan menjadi sebuah tindakan dan perilaku. Perilaku yang terus menerus ini berubah menjadi kebiasaan, berlanjut menjadi pembentuk karakter dan sistem keyakinan manusia. Satu hal yang perlu kita perhatikan bahwa karakter terbentuknya pikiran dan menguatnya sebuah informasi menjadi sistem keyakinan dalam pikiran seseorang adalah apa yang sering dilihat, didengar dan dirasakan. Banyak sekali kita menemukan keadaan seseorang berubah sangat tergantung dengan pergaulannya, pembentukan perilaku manusia sangat dipengaruhi juga dengan lingkungan yang ada disekeliling mereka.

Salah satu bagian dari lingkungan yang berpengaruh besar terhadap pembentukan perilaku manusia adalah kawan dan pergaulan. Dengan senantiasa bergaul, melakukan aktifitas bersama-sama, masing-masing orang terus saling mempengaruhi antara satu dengan lainnya. Sifat alamiah manusia belajar sesuatu memang diciptakan dengan memodel (meniru) dan mengikuti sehingga karakter seseorang bisa jadi adalah “curian” dari lingkungannya.

Pembentukan sistem keyakinannya adalah hasil dari modelingnya atas lingkungan yang direkam oleh VAKGOnya sehingga dengan siapa Anda berkawan maka sangat besar pengaruhnya dalam perubahan pola pikir Anda dan menentukan bagaimana nasib Anda di hari yang akan datang. Misal Anda adalah seorang pemuda yang senang dalam melakukan kebiasaan-kebiasaan positif, konsekuen dan taat dalam menjalankan perintah-perintah agama. Namun Anda memiliki teman-teman yang menghalangi Anda dengan berbagai cara, tentu lebih sulit bagi Anda untuk mewujudkan impian dan cita-cita kebaikan Anda. dan biasanya teman teman yang  “membunuh” kebaikan dalam diri Anda memiliki banyak cara yang perlu Anda waspadai.

Misal ketika Anda ingin berkomitmen menjaga ibadah Anda, maka teman yang buruk biasanya akan mengajak Anda untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama mereka, kadang berjam-jam bahkan Anda tidak menyadari bisa jadi seharian waktu Anda habis sia-sia, bisa dipastikan hidup Anda yang dipenuhi dengan penyesalan dan agan agan untuk menjadi pribadi yang baik.

Seorang pemuda yang datang ke klinik psikoterapi kami berkisah tentang sahabatnya yang sebenarnya adalah lulusan sebuah pondok pesantren yang secara umum diyakini memiliki pemahaman agama yang kuat. Kenyataannya setelah merantau dan masuk kedalam pergaulan dan pertemanan yang salah. Maka hari ini pria itu telah terjerumus pada sebuah perilaku menyimpang yang dikenal dengan kaum gay.

Demikian besar pengaruh lingkungan dan teman dalam menentukan nasib kita. Tentu Anda juga pernah mengetahui bahkan mengalami sendiri bagaimana besarnya pengaruh teman terhadap perubahan diri Anda. Pergaulan dan teman teman sangat mungkin menjadi penghalang seseorang untuk menjadi pribadi yang hidup berkualitas dan penuh makna. Namun siapapun Anda tentu memiki kekuatan dan sumber daya untuk mengalahkan dan mengendalikan gangguan-gangguan dari teman yang bertujuan menjauhkan Anda dari masa depan Anda yang penuh dengan kebahagiaan. Yang perlu kita tanamkan sebagai kekuatan penghalang dari segala bentuk gangguan dari pergaulan adalah niat yang kuat, impian yang dahsyat, visi yang jelas dan langkah yang mantap dalam mewujudkan cita-cita kita.

Misi besar kita dalam hidup ini adalah beribadah dan menjadi khalifah di muka bumi. Maka tidak ada tempat memohon pertolongan dan tempat berlindung kecuali kepada Allah. Dan selalu menghadirkan kesadaran kita agar senantiasa aware dalam berpegang teguh pada agama Allah.

 “Barang siapa yang berpegang terguh  kepada (agama) Allah maka sesungguhnya ia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus.” (Ali Imran : 101)

Jangan pernah memberi kesempatan kepada teman-teman Anda untuk menentukan jalan hidup Anda. Pastikan Andalah yang senantiasa mepersuasi teman-teman Anda, bukan Anda yang menjadi korban persuasi dari pergaulan Anda. Senantiasa sadarilah bahwa waktu Anda mahal. Dan tidak ada yang lebih mahal dari pada kesempatan hidup yang dianugerahkan Allah pada kita saat ini. Jika nafas ini lepas dari kerongkongan maka berakhir sudah semuanya. Pastikan tidak ada siapapun teman dan pergaulan yang bisa mencuri waktu Anda dari kebaikan-kebaikan yang Anda yakini. Atau Anda akan menyesal karena menanggung kerugian yang abadi. Satu deting yang lalu tidak akan pernah tergantikan sampai kapanpun.

Hadirkan selalu kesadaran bahwa setiap saat dan detak jantung ini adalah bagian yang harus dipertanggung jawabkan kelak, tinggalkan semua yang menjauhkan kita dari Allah. Yakini dalah qalbu kita bahwa siapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah , maka Allah akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik. Dan dalam dua kebaikan ada kebaikan.

Dulu semasa saya mulai mengenal Islam dan bertekan meninggalkan semua pergaulan dan teman teman saya yang mengajak saya menyia nyiakan hidup ini. saya sempat membayangkan jika saya tak berteman dengan merka, siapa lagi yang akan berteman dengan saya? Namun sangat indah rencana Allah, saat saya berupaya memperbaiki diri saya, mulai meninggalkan pergaulan dan teman teman lama dengan kebiasaan buruk saya bersama mereka, setelah itu Allah mengirimkan kedalam hidup saya sahabat sahabat yang sholih dan hari ini saya bahagia hidup diantara mereka yang senantiasa mensuanakan hari hari dalam bingkai ibadah. Merekalah sebaik baik teman sebagai pengganti dari Allah.

 

Sumber: www.fimadani.com

Tags :
Konfirmasi Donasi