PENUKARAN ROKOK DENGAN BUAH PEAR MERIAHKAN PERINGATAN HTTS

RZ_IMG-20130526-01156JAKARTA. Rumah Zakat dalam peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia kali ini menggelar aksi Siaga Sehat di Jalan Masjid Al-Makmur RW/7, Kelurahan Pejaten Timur Kecamatan Pasar Minggu, wilayah Integrated Community Development Pasar Minggu, Ahad (26/5). Kegiatan yang digelar berupa: senam yama, dokter keluarga, dan penukaran rokok dengan buah pear.

Tim kesehatan yang diturunkan dalam event kali ini 1 dokter, 3 relawan, 1 pelatih senam, dan diketuai oleh Kepala Tim Kesehatan Ridwan Sahidin. Acara penukaran rokok dengan buah pear ini merupakan hal baru di wilayah Pasar Minggu. Hingga selesai kegiatan, berhasil mengumpulkan 50 batang rokok yang ditukarkan dengan buah.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati di seluruh dunia setiap tahun pada tanggal 31 Mei. Gerakan ini menyerukan para perokok agar berpuasa tidak merokok (mengisap tembakau) selama 24 jam serentak di seluruh dunia. Hari ini bertujuan untuk menarik perhatian dunia mengenai menyebarluasnya kebiasaan merokok dan dampak buruknya terhadap kesehatan.

Diperkirakan kebiasaan merokok setiap tahunnya menyebabkan kematian sebanyak 5,4 juta jiwa. Negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencetuskan Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini pada tahun 1987. Dalam satu dasawarsa terakhir, gerakan ini menuai reaksi baik berupa dukungan dari pemerintah, aktivis kesehatan, dan organisasi kesehatan masyarakat, ataupun tentangan dari para perokok, petani tembakau, dan industri rokok.***

Newsroom/Pras Purworo
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi