PERINGATAN HARI LINGKUNGAN HIDUP BERSAMA LANSIA

RZ_harling lansiaKEDIRI. Memperingati Hari Lingkungan Hidup Tahun 2013, Rumah Zakat cabang Kediri memperingatinya bersama lansia RW X Kelurahan Dandangan, Kota Kediri di Oebalan, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, Minggu (9/6).

Turut hadir pada Peringatan Hari Lingkungan hidup 2013 Perwakilan dari Kelurahan Dandangan, Ketua RW X, Ketua Kader Posyandu, Ketua PKK RW X, Ketua RT, dan Programer Senyum Sehat Rumah Zakat cabang Kediri. Acara ini diawali dengan perjalanan menggunakan kereta kelinci untuk mencapai tempat yang masih alami jauh dari polusi udara (Oebalan). Sesampainya di lokasi, para lansia diskusi kelompok mengkaji tentang perbedaan lingkungan di waktu pemberangkatan dan perjalanan dengan kondisi Oebalan yang masih alami.

“Kondisi di tempat tinggal kami dan saat perjalanan, sangat panas berbeda dengan kondisi Oebalan yang udaranya masih sejuk,” ujar salah seorang lansia. Diskusi yang dipandu Kader Kesehatan ini bertujuan untuk menyadarkan bahwa kondisi lingkungan sekarang telah rusak. Di akhir diskusi para lansia diminta untuk memberikan solusi-solusi terhadap permasalahan lingkungan.

Selain diskusi, lansia kembali diajak berpartispasi dengan bermain game tradisional. Semua lansia mengikuti game tradisional secara bergantian, yang menang mendapatkan doorprice. Game yang disajikan panitia (kader kesehatan) diantaranya menggulung stagen, kelereng, joged, tebak-tebakan, tiup balon. Permainan ini diharapkan memicu lansia untuk menularkan game tradisional kepada cucu-cucu dan keluarganya karena tidak merusak lingkungan. Ketimabang game modern yang cenderung boros energi yang akhirnya merusak lingkungan dan kesehatan.

Nampak senyum senang menghiasi wajah para lansia. Tidak ketinggalan diakhir acara, lansia diminta menerapkan perilaku cinta lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya setelah selesai mengkonsumsi Makanan Tambahan dan tidak menyisakan sisa. Anjuran ini sesuai tema Hari Lingkungan Hidup tahun ini dari WHO Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi untuk Selamatkan Lingkungan. “Selamat Hari Lingkungan Hidup Tahun 2013”, teriak para lansia sambil membentangkan banner.***

Newsroom/Derajat Prasojo
Kediri

Tags :
Konfirmasi Donasi