PERINGATI HARI PAHLAWAN DENGAN BERKUNJUNG KE YPAB

SURABAYA. “Bayangkan di depan kalian ada bendera Merah Putih kira-kira 5 meter jaraknya,” kata Guru SD Juara Surabaya Udin  saat melatih upacara bendera bagi para siswanya maupun anak-anak Yayasan Pendidikan Anak-Anak Buta (YPAB). Spontan salah satu guru dari YPAB sambil tersenyum berkata, “Mereka belum tahu bentuknya bendera bagaimana membayangkan?” ungkapnya.

Kisah ini mewarnai siswa-siswa SD Juara Surabaya dalam memperingati Hari Pahlawan Kamis (10/11). Walaupun mereka memiliki keterbatasan tidak mampu melihat dengan indera matanya, namun sama sekali tidak ada yang berbeda dengan anak-anak yang lengkap inderanya. Lagu “Aku Bukan Bang Toyib” dari Wali band mampu mereka nyanyikan dengan baik dan lengkap dengan guitar, drum, dan orgennya.

Upacara bendera merah putih, lomba lari, berjalan sendiri, makan, merupakan hal yang biasa mereka lakukan. Anak-anak juga ditunjukkan buku-buku pelajaran dalam tulisan braille, alat menulis reglet, tempat bermain tenis meja, ruang komputer dan tempat musik. Perasaan salut kepada siswa YPAB pun terlihat dari sikap dan ucapan anak-anak SD Juara saat mengunjungi mereka. ***

Newsroom/Huda Noviyanti
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi