PERINGATI HARI TB SEDUNIA, RZ PAPUA GELAR AKSI SIAGA SEHAT

Jaya puraJAYAPURA. Tuberculosis atau TBC merupakan penyakit menular yang di sebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosa, penyakit TBC dapat menyerang pada siapapun. Penularan penyakit TBC menyebar melalui media udara yang tercemar oleh Mikobakterium tuberkulosa yang dilepaskan/dikeluarkan oleh penderita TBC saat batuk. Penyakit ini terus berkembang setiap tahunnya dan saat ini mencapai angka 250 juta kasus baru diantaranya 140.000 menyebabkan kematian.

Hampir 15 persen warga papua telah terjangkit TBC, dikarenakan daya tahan tubuhnya lemah. Profesor Tjandra Yoga Aditama sebagai Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan mengatakan pada orang dengan sistem imunitas yang menurun seperti ODHA (Orang Dengan HIV-AIDS), infeksi TB laten mudah berkembang menjadi TB aktif.

RZ sebagai lembaga yang peduli akan kesehatan lingkungan, mendukung upaya pemerintah untuk mencapai tujuan pembangunan Millenium (MDGs) yang salah satunya memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya termasuk Tuberculosis. Bertepatan dengan hari tuberculosis sedunia yang diperingati setiap tanggal 24 maret, RZ mengadakan aksi siaga sehat dengan tema “Bersatu menuju Papua Bebas TB”. Tim aksi siaga sehat RZ membagikan Pembagian leaflet edukatif tentang TB, pembagian masker, dan penggalangan Tanda Tangan masyarakat yang peduli terhadap TB.

“Diharapkan tujuan dari aksi siaga sehat ini dapat tercapai yaitu, dapat meningkatkan kesadaran masayarakat untuk bersama-sama kita peduli berantas TB menuju Papua Bebas TB,” pungkas Anggun Suryanti tim aksi siaga sehat RZ.***

Newsroom/Anggun Suryanti
Jayapura

Tags :
Konfirmasi Donasi