PERINGATI HKBN 2018, RUMAH ZAKAT GELAR SIMULASI BENCANA DI BEBERAPA KOTA INDONESIA

BANDUNG. Kerumunan terlihat di pelataran halaman Kantor Rumah Zakat Pusat, JL, Batu Kencana No. 6 pagi ini (26/04), pasalnya para karyawan baru saja berlarian keluar gedung akibat kebakaran yang terjadi di lantai 2 gedung. Kondisi tersebut adalah simulasi evakuasi kebakaran dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) pada 26 April 2018.

Dalam peringatan HKBN ini, Rumah Zakat bekerja sama dengan Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (Damkar) kota Bandung untuk melakukan simulasi dan edukasi penanggulangan kebakaran seperti pengenalan klasifikasi jenis kebakaran, simulasi evakuasi dan juga simulasi pemadaman api dengan APAR.

“tadi saya excited sekali bisa mendapatkan ilmu mengenai penanggulangan kebakaran, terlebih lagi ada simulasinya saya jadi tahu cara memadamkan api,” ujar Wahyuni, Karyawan
Rumah Zakat yang hadir dalam peringatan HKBN 2018.

Kegiatan peringatan HKBN tidak hanya di gelar di Bandung, Rumah Zakat juga menggelar agenda HKBN secara serentak di beberapa kota di indonesia yakni Sinabung, Padang, Klaten, Blora, Kediri, Medan, Semarang dan Surabaya.

Di setiap kota kegiatan peringatan HKBN ini digelar degan berbagai kegiatan yang berbeda. Misalnya, di Padang Relawan Rumah Zakat bersama Kelompok Siaga Bencana Sekolah (KSBS) SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang melaksanakan Simulasi Gempa dan Tsunami. Di Klaten Desa Berdaya Sengon Simulasi Kebencanaan dan Lomba PPGD antar RT se-Desa Sengon di laksanakan.

“Pemerintah menetapkan 26 April sebagai Hari Kesiap Siagaan Bencana, jadi kami bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menggelar peringatan HKBN ini, harapannya semoga kami bisa mengedukasi masyarakat agar siap siaga dalam menghadapi dan menanggulangi bencana,” ujar Andri Murdianto, Crisis Center Rumah Zakat.

Andri menambahkan Agenda HKBN ini juga akan diselenggarakan di Desa Berdaya binaan Rumah Zakat, dengan harapan warga di desa juga bisa siap siaga menghadapi bencana.

“Insya Allah tanggal 30 April agenda HKBN akan digelar di 4 Desa Berdaya yaitu Desa Berdaya Bringin, Desa Berdaya Cikatomas, Desa Berdaya Karangmlati, Desa Berdaya Kalimaro,” tambah Andri.

Newsroom
Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi