PERJALANAN RUMAH BACA MENJADI PERPUSTAKAAN DESA BERDAYA SOMOGEDE

WONOSOBO. Di tahun 2015, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat bersama para pemuda Desa meresmikan sebuah Rumah Baca yang diberi nama Rumah Baca Al Azzam. Saat itu, pendirian Rumah Baca ini menjadi energi kebaikan tersendiri bagi desa kami yang saat itu belum memiliki perpustakaan desa.

Berbekal semangat, Alhamdulillah banyak respon positif dari masyarakat desa dan masyarakat luar desa dengan pendirian Rumah Baca Al Azzam. Bahkan warga juga banyak yang membantu penyediaan rak buku serta buku bacaan, dan sejumlah uang untuk pengembangan rumah baca.

Seiring berjalannya waktu, pasang surut pengelolaan Rumah Baca pun terjadi, hingga Rumah Baca harus berpindah tempat untuk memudahkan pengelolaan. Namun, belum juga memberikan arah perbaikan.

Di awal tahun 2018 ini, beberapa sarana dan buku-buku di Rumah Baca Al Azzam ditambah dengan stimulus program dari Rumah Zakat.

Selain itu Rumah Baca Al Azzam juga berkoordinasi dengan pihak Perpustakaan Daerah Wonosobo. Rumah Baca Al Azzam disarankan untuk bertransformasi dari Rumah Baca menjadi Perpustakaan Desa. Maka munculah nama Perpustakaan Desa Berdaya Somogede “Inspirasi Indonesia”.

Anak-anak pun makin semangat berkunjung ke perpustkaan desa. “Senang, karena dapat membaca berbagai macam buku”, ungkap Deni, salah seorang pengunjung.

“Semoga perpustkaan ini akan menjadi gudang inspirasi bagi anak-anak, remaja, dan masyarakat secara umum untuk menjadikan Indonesia lebih baik dimasa mendatang,” tutup Fasilitator.

Newsroom/Kuna
Wonosobo

Tags :
Konfirmasi Donasi