PERKUAT USAHA KECIL MENENGAH, RUMAH ZAKAT BERI BANTUAN MODAL


BATANG
. Melalui Program Senyum Mandiri Rumah Zakat menyalurkan bantuan modal bagi usaha/pedagang kecil di wilayah Dukuh Bangunsari Barat, Kelurahan Proyonanggan Tengah, Batang, Selasa (22/08). Program bantuan modal ini merupakan kegiatan lanjutan pelatihan ketrampilan pengolahan pangan bulan Juli lalu yang diikuti sekitar 20 peserta. Relawan Inspirasi Rumah Zakat, Falahuddien melakukan penilaian terhadap peserta pelatihan untuk ditindaklanjuti dengan bantuan modal usaha.

Pada acara penerimaan bantuan modal, Falahuddien menjelaskan, “Untuk tahap pertama ini kami dari Rumah Zakat menyalurkan bantuan modal sebesar 1 juta rupiah untuk diberikan kepada 5 orang terlebih dahulu.” tuturnya. Kelima orang tersebut masing-masing mendapatkan modal sebesar Rp200.000. adapun beberapa penerima bantuan modal itu adalah ibu Darsih, Ibu Witriana, Ibu Karlina, ibu Aliyah dan Ibu Nur Hayati. Bantuan modal tersebut nantinya akan digulirkan untuk membantu pedagang/usaha kecil lainnya yang membutuhkan modal.

Adapun pola yang diterapkan adalah masing-masing penerima bantuan akan mengembalikan dana selama 4 bulan (4 kali putaran) dan setiap bulan ada program sedekah sebesar Rp10.000. Bila telah selesai 4 putaran penerima bantuan bisa mengajukan tambahan modal lagi. Dengan pola tersebut setiap bulannya bisa menambah pemberian modal untuk satu orang. Jumlah dana yang dikelola bertambah sehingga bisa lebih luas pemanfaatannya.

“Saya sangat berterima kasih dengan bantuan ini, dengan program sedekah yang ada ini semoga usaha saya tambah berkah,” ungkap ibu Darsih yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang warung makan kaki lima (PKL). Sementara ibu Karlina yang memiliki usaha bakul sayur keliling, mengatakan “Saya sangat bersyukur mendapat bantuan modal, insya Allah ini sangat membantu saya untuk menambah kulakan dagangan saya, terima kasih rumah zakat atas bantuannya.” Tuturnya.

Bantuan modal ini salah satu program unggulan di kelurahan Proyonanggan Tengah sebagai upaya untuk mengurangi pengaruh rentenir yang sering dihadapi oleh pedagang atau usaha kecil.

 

 

Newsroom/Rico Ayatul Yuza
Batang

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi